Kamis, 02/05/2024 13:58 WIB

AS Sanksi Pemasok Drone Iran ke Rusia

AS Sanksi Pemasok Drone Iran ke Rusia.

Ilustrasi Drone. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan sanksi terhadap industri Iran yang memproduksi rudal balistik dan drone, juga dikenal sebagai kendaraan udara tak berawak (UAV), yang menurut AS telah digunakan untuk memfasilitasi perang Rusia di Ukraina.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken mengatakan sanksi akan menargetkan tujuh orang dalam posisi kepemimpinan di Qods Aviation Industries - produsen UAV Iran - dan Organisasi Industri Dirgantara Iran (AIO), yang mengelola program rudal balistik negara itu.

"Iran kini telah menjadi pendukung militer utama Rusia," kata Blinken dalam pernyataan, seperti dikutip dari Reuters.

"Iran harus menghentikan dukungannya untuk perang agresi Rusia yang tidak beralasan di Ukraina, dan kami akan terus menggunakan setiap alat yang kami miliki untuk mengganggu dan menunda transfer ini dan membebankan biaya pada aktor yang terlibat dalam aktivitas ini," sambung dia.

Hubungan antara AS dan Iran, yang sudah tegang, menjadi semakin tegang karena Iran meningkatkan hubungan militernya dengan Rusia. AS telah menyatakan bahwa drone Iran digunakan untuk mendatangkan malapetaka di Ukraina, dengan warga sipil membayar harga tertinggi.

AS sebelumnya telah memberikan sanksi kepada entitas Iran yang terlibat dalam “produksi dan transfer Shahed Iran – dan UAV seri Mohajer”, dua model drone.

Kyiv dan Moskow sama-sama menggunakan UAV dalam upaya mereka selama perang, terkadang untuk pengawasan dan terkadang untuk serangan mematikan.

Awal pekan ini, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menuduh Rusia merencanakan pengeboman yang berlarut-larut, dengan mengandalkan drone buatan Iran untuk "menghabisi" Ukraina.

Iran sebelumnya membantah memberikan drone ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina, tetapi pada bulan November, negara itu mengkonfirmasi bahwa mereka telah memberikan "sejumlah terbatas" bahan peledak udara ke Moskow. Bahan peledak itu, kata Iran, dikirim ke Rusia sebelum invasi ke Ukraina pada Februari 2022.

Pada bulan Desember, juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan bahwa Iran dan Rusia bergerak menuju "kemitraan pertahanan penuh" yang mencakup penjualan sistem pertahanan udara Rusia dan pengiriman jet tempur di masa depan. Kirby juga mengatakan bahwa Iran sedang mempertimbangkan untuk mendirikan fasilitas produksi drone di Rusia.

AS menuduh Iran melanggar hukum internasional dengan gagal mendapatkan persetujuan dari Dewan Keamanan PBB untuk penjualan drone. "Dukungan militer rezim Iran kepada Rusia tidak hanya memicu konflik di Ukraina, tetapi juga mengakibatkan pelanggaran resolusi Dewan Keamanan PBB 2231," kata Blinken dalam rilisnya, Jumat.

Pemerintah Iran telah mengambil sikap menantang terhadap drone-nya dan masalah penjualan senjata secara lebih umum, menggembar-gemborkan kualitas produk militernya. Ia juga menegaskan bahwa kritik internasional berakar pada kekhawatiran bahwa Iran dapat menjadi pesaing penjualan senjata global.

Pada bulan Oktober, Presiden Iran Ebrahim Raisi mengatakan bahwa penjualan senjata negaranya membuat marah negara-negara yang tidak ingin kami tumbuh untuk menaklukkan pasar. "Biarkan musuh marah dan mati karena amarah," tambahnya.

AS saat ini mendominasi pasar senjata global, dengan 40 perusahaan yang berbasis di AS melakukan penjualan senjata hampir $300 miliar pada tahun 2021, menurut Stockholm International Peace Research Institute.

AS terkadang menghadapi kritik atas program senjatanya, yang menurut para kritikus digunakan untuk mendukung sekutu AS, bahkan ketika mereka memiliki catatan hak asasi manusia yang buruk.

KEYWORD :

Amerika Serikat Drone Iran Perang Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :