Rabu, 15/05/2024 13:03 WIB

Enrique Mundur usai Spanyol Gagal di Piala Dunia 2022

Enrique Mundur usai Spanyol Gagal di Piala Dunia 2022

Pelatih Luis Enrique (Foto: Sports Mole)

Doha, Jurnas.com - Luis Enrique resmi mengundurkan diri dari jabatan pelatih tim nasional Spanyol, usai tim berjuluk La Furia Roja tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Spanyol gagal usai secara mengejutkan kalah dari Maroko di babak 16 besar. Setelah bermain imbang di waktu normal, kedua tim berlanjut ke babak adu penalti, di mana tiga pemain Matador gagal menjebol gawang Yassine Bounou.

Kontrak Enrique bersama Spanyol memang hanya berlaku hingga akhir Desember. Namun, pelatih 52 tahun itu memutuskan untuk mengakhiri perannya lebih awal.

"Manajemen olahraga RFEF telah menyampaikan kepada presiden sebuah laporan di mana proyek baru harus dimulai untuk Timnas Spanyol, dengan tujuan melanjutkan pertumbuhan yang dicapai dalam beberapa tahun terakhir berkat pekerjaan yang dilakukan oleh Luis Enrique dan kolaborator mereka," demikian keterangan resmi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dikutip dari Sports Mole pada Kamis (8/12).

"Baik presiden Luis Rubiales dan direktur olahraga Jose Francisco Molina, telah menyampaikan keputusan tersebut kepada pelatih," imbuhnya.

"RFEF dengan penuh semangat mendoakan yang terbaik untuk Luis Enrique dan timnya dalam proyek profesional mereka di masa depan."

Selama dua periode terpisah, Enrique memimpin 47 pertandingan untuk timnas Spanyol. Dia menorehkan catatan 26 kemenangan, 14 kali imbang, dan tujuh kali kalah.

Muncul rumor bahwa dia tertarik kembali melatih klub, dengan modal pernah sukses besar bersama Barcelona pada periode 2014 hingga 2017 silam.

Dengan perginya Enrique, dikabarkan Luis de la Fuente yang saat ini menangani Spanyol U-21 bakal menjadi kandidat favorit untuk menjadi pelatih timnas Spanyol selanjutnya.

KEYWORD :

Luis Enrique Spanyol Piala Dunia 2022 Pelatih Mundur




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :