Sabtu, 27/04/2024 02:46 WIB

Polisi India Bentrok dengan Pengunjuk Rasa di Pelabuhan Adani, 80 Orang Cedera

Polisi India Bentrok dengan Pengunjuk Rasa di Pelabuhan Adani, 80 Orang Cedera.

Petugas polisi dikerahkan saat para nelayan menggelar protes di dekat pintu masuk proyek Pelabuhan Vizhinjam di negara bagian selatan Kerala, India, pada 9 November 2022 ( Reuters/Munsif Vengattil)

JAKARTA, Jurns.com- Lebih dari 80 orang terluka di India selatan ketika penduduk desa yang menghentikan pembangunan pelabuhan senilai $900 juta bentrok dengan polisi.

Dikutip dari Reuters, ini merupakan eskalasi terbaru dari protes berbulan-bulan yang dilancarkan oleh sebagian besar komunitas nelayan yang kebanyakan Kristen melawan orang terkaya di Asia.

Protes itu memusingkan perusahaan pelabuhan dan logistik Gautam Adani senilai $23 miliar yang terpaksa berhenti bekerja di pelabuhan Vizhinjam yang memenangkan bisnis dari saingannya di Dubai, Singapura, dan Sri Lanka.

Konstruksi telah dihentikan selama lebih dari tiga bulan setelah penduduk desa memblokir pintu masuk situs tersebut, menyalahkan pelabuhan yang menyebabkan erosi pantai dan merampas mata pencaharian mereka.

Selama akhir pekan, polisi menangkap beberapa pengunjuk rasa setelah mereka memblokir kendaraan konstruksi Adani memasuki pelabuhan, meskipun ada perintah pengadilan untuk melanjutkan pekerjaan.

Penangkapan tersebut mendorong ratusan pengunjuk rasa, dipimpin oleh pendeta Katolik Roma, untuk berbaris di kantor polisi, bentrok dengan personel dan merusak kendaraan di sana, menurut dokumen polisi dan rekaman di televisi lokal.

Pejabat senior polisi setempat M R Ajith Kumar mengatakan kepada Reuters bahwa 36 petugas terluka dalam bentrokan tersebut. Joseph Johnson, salah satu pemimpin protes, mengatakan sedikitnya 46 pengunjuk rasa juga terluka.

Terletak di ujung selatan India, pelabuhan tersebut berusaha menghubungkan rute perdagangan Timur-Barat yang menguntungkan, menambah jangkauan global bisnis yang dipimpin oleh miliarder Adani, yang diperkirakan oleh Forbes sebagai orang terkaya ketiga di dunia.

Ditanya tentang protes terbaru, Grup Adani tidak segera berkomentar. Perusahaan tersebut mengatakan bahwa pelabuhan tersebut mematuhi semua undang-undang dan mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa pelabuhan tersebut tidak terkait dengan erosi garis pantai.

Pemerintah negara bagian juga mengatakan bahwa setiap erosi disebabkan oleh sebab-sebab alami.

Protes terus berlanjut meskipun ada perintah berulang kali dari pengadilan tinggi negara bagian Kerala untuk mengizinkan pembangunan dimulai. Polisi sebagian besar tidak mau mengambil tindakan apa pun, karena khawatir hal itu akan memicu ketegangan sosial dan agama.

Dalam bentrokan terbaru, dokumen polisi mengatakan para pengunjuk rasa datang dengan senjata mematikan dan menerobos masuk ke stasiun dan menyandera polisi, mengancam bahwa jika orang-orang yang ditahan tidak dibebaskan, mereka akan membakar stasiun.

Eugine H. Pereira, vikjen keuskupan agung dan pemimpin protes, mengatakan polisi melempari para pengunjuk rasa dengan batu.

Protes pelabuhan mengingat reaksi balik yang dihadapi Adani di Australia atas tambang batu bara Carmichael miliknya.

Di sana, para aktivis yang mengkhawatirkan emisi karbon dan kerusakan Great Barrier Reef memaksa Adani untuk mengurangi target produksi dan menunda pengapalan batu bara pertama selama enam tahun.

KEYWORD :

Nelayan India Gautam Adani




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :