Selasa, 07/05/2024 15:24 WIB

Gautam Adani Geser Mukesh Jadi Orang Terkaya se-Asia

Miliarder India, Gautam Adani, menggeser konglomerat senegaranya, Mukesh Ambani, sebagai orang terkaya di Asia. Dalam perjalanannya, Gautam memiliki bisnis pelabuhan, pertambangan, dan energi hijau.

Orang terkaya se-Asia, Gautam Adani (Foto: Aljazeera)

Delhi, Jurnas.com - Miliarder India, Gautam Adani, menggeser konglomerat senegaranya, Mukesh Ambani, sebagai orang terkaya di Asia. Dalam perjalanannya, Gautam memiliki bisnis pelabuhan, pertambangan, dan energi hijau.

Kekayaan bersih mogul berusia 59 tahun itu mencapai US$88,5 miliar pada Selasa (8/2) menurut laporan Bloomberg Billionaires Index, melampaui Mukesh Ambani US$87,9 miliar.

Dengan lompatan hampir US$12 miliar dalam kekayaan pribadinya, Adani adalah peraih kekayaan terbesar di dunia tahun ini.

Saat ini, bisnis Gautam beralih ke energi terbarukan, bandara, pusat data, dan kontrak pertahanan, prioritas yang juga dianggap penting oleh Perdana Menteri India Narendra Modi untuk pembangunan bangsa dan memenuhi tujuan ekonomi jangka panjang negara itu.

"Adani Group telah melihat dan memasuki semua sektor yang terjadi pada waktu yang tepat, yang telah menarik sekelompok investor portofolio asing terpilih," kata Deepak Jasani, kepala penelitian ritel di pialang HDFC Securities Ltd yang berbasis di Mumbai.

Beberapa saham Adani Group yang terdaftar telah melonjak lebih dari 600 persen dalam dua tahun terakhir, dengan taruhan dorongannya ke energi hijau dan infrastruktur akan terbayar karena Modi berupaya menghidupkan kembali ekonomi US$ 2,9 triliun dan memenuhi target nol karbon India pada tahun 2070.

Keputusan MSCI Inc. untuk memasukkan lebih banyak perusahaan Adani ke dalam indeks benchmark India, juga berarti dana yang melacak ukuran tersebut harus membeli saham.

KEYWORD :

Gautam Adani Orang Terkaya Asia Miliarder India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :