Sabtu, 27/04/2024 13:28 WIB

Pria Iran yang Menginspirasi Film The Terminal Meninggal di Bandara Paris

Pria Iran yang Menginspirasi Film The Terminal Meninggal di Bandara Paris.

Merhan Karimi Nasseri duduk di antara barang-barangnya di Terminal 1 Bandara Roissy Charles De Gaulle, utara Paris pada 11 Agustus 2004. (Foto: AP/Michel Euler)

JAKARTA, Jurnas.com - Seorang pria Iran yang tinggal selama 18 tahun di Bandara Charles de Gaulle Paris dan kisah hidupnya pernah menginspirasi film Steven Spielberg The Terminal meninggal pada Sabtu (12/11) di bandara yang sudah lama ia sebut rumah.

Mehran Karimi Nasseri meninggal setelah serangan jantung di Terminal 2F bandara sekitar tengah hari, menurut seorang pejabat otoritas bandara Paris. Polisi dan tim medis merawatnya tetapi tidak dapat menyelamatkannya, kata pejabat itu. 

Nasseri tinggal di Terminal 1 bandara dari tahun 1988 hingga 2006, pertama dalam limbo hukum karena dia tidak memiliki surat izin tinggal dan kemudian karena pilihan yang jelas.

Tahun demi tahun, dia tidur di bangku plastik merah, berteman dengan pekerja bandara, mandi di fasilitas staf, menulis di buku hariannya, membaca majalah, dan mengamati para pelancong yang lewat.

Staf menjulukinya Lord Alfred, dan dia menjadi selebritas mini di antara penumpang.

"Akhirnya, saya akan meninggalkan bandara," katanya kepada The Associated Press pada tahun 1999, sambil merokok pipa di bangkunya, tampak rapuh dengan rambut tipis panjang, mata cekung, dan pipi cekung. "Tapi saya masih menunggu paspor atau visa transit."

Nasseri lahir pada1945 di Soleiman, bagian dari Iran yang saat itu berada di bawah yurisdiksi Inggris, dari ayah Iran dan ibu Inggris. Ia meninggalkan Iran untuk belajar di Inggris pada 1974. Ketika ia kembali, katanya, ia dipenjara karena memprotes Syah dan diusir tanpa paspor.

Ia mengajukan suaka politik di beberapa negara di Eropa. UNHCR di Belgia memberinya kredensial pengungsi, tetapi dia mengatakan tasnya yang berisi sertifikat pengungsi dicuri di stasiun kereta Paris.

Polisi Prancis kemudian menangkapnya, tetapi tidak dapat mendeportasinya ke mana pun karena dia tidak memiliki dokumen resmi. Dia berakhir di Charles de Gaulle pada Agustus 1988 dan tetap tinggal.

Kecerobohan birokrasi lebih lanjut dan undang-undang imigrasi Eropa yang semakin ketat membuatnya tetap berada di tanah tak bertuan resmi selama bertahun-tahun.

Ketika ia akhirnya menerima surat-surat pengungsi, dia menggambarkan keterkejutannya, dan rasa tidak amannya, tentang meninggalkan bandara. Ia dilaporkan menolak untuk menandatanganinya, dan akhirnya tinggal di sana beberapa tahun lagi sampai dia dirawat di rumah sakit pada tahun 2006, dan kemudian tinggal di tempat penampungan Paris.

Mereka yang berteman dengannya di bandara mengatakan bertahun-tahun tinggal di ruang tanpa jendela berdampak buruk pada kondisi mentalnya. Dokter bandara pada 1990-an mengkhawatirkan kesehatan fisik dan mentalnya, dan menggambarkannya sebagai "memfosil di sini". Seorang teman agen tiket membandingkannya dengan seorang tahanan yang tidak mampu "hidup di luar".

Beberapa minggu sebelum kematiannya, Nasseri kembali tinggal di Charles de Gaulle, kata petugas bandara.

Kisah mencengangkan Nasseri secara longgar menginspirasi The Terminal tahun 2004 yang dibintangi Tom Hanks, serta film Prancis, Lost in Transit, dan sebuah opera berjudul Flight.

Di Terminal, Hanks berperan sebagai Viktor Navorski, seorang pria yang tiba di bandara JFK di New York dari negara fiktif Krakozhia di Eropa Timur dan menemukan bahwa revolusi politik dalam semalam telah membatalkan semua dokumen perjalanannya.

Viktor dibuang ke ruang tunggu internasional bandara dan diberitahu ia harus tinggal di sana sampai statusnya diselesaikan, yang berlarut-larut saat kerusuhan di Krakozhia berlanjut. Tidak ada informasi segera tersedia tentang orang yang selamat.

Sumber: AP

KEYWORD :

Charles de Gaulle Paris Mehran Karimi Nasseri Steven Spielberg The Terminal Warga Iran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :