Minggu, 05/05/2024 03:05 WIB

Zelenskyy Tuding Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Kherson

Zelenskyy Tuding Pasukan Rusia Lakukan Kejahatan Perang di Kherson.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy (Foto: AP/Markus Schreiber)

JAKARTA, Jurnas.com -  Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menuduh tentara Rusia melakukan kejahatan perang dan membunuh warga sipil di Kherson, yang sebagian direbut kembali oleh tentara Ukraina pekan lalu setelah Rusia mundur.

"Para penyelidik telah mendokumentasikan lebih dari 400 kejahatan perang Rusia. Mayat warga sipil dan prajurit yang tewas telah ditemukan," kata Zelenskyy dalam tautan video, seperti dikutip dari Reuters.

"Tentara Rusia meninggalkan kebiadaban yang sama seperti yang terjadi di wilayah lain negara yang dimasukinya," katanya.

Meida tidak dapat segera memverifikasi tuduhan tersebut. Rusia membantah pasukannya dengan sengaja menargetkan warga sipil.

Perusahaan utilitas di wilayah Kherson selatan bekerja untuk memulihkan infrastruktur kritis yang rusak dan ditambang oleh pasukan Rusia yang melarikan diri, dengan sebagian besar rumah di kota Ukraina selatan masih tanpa listrik dan air, kata pejabat regional.

Pasukan Ukraina tiba di pusat Kherson pada hari Jumat setelah Rusia meninggalkan satu-satunya ibu kota regional yang telah direbutnya sejak Moskow melancarkan invasi pada Februari.

Penarikan itu menandai mundurnya perang besar ketiga Rusia dan yang pertama melibatkan penyerahan kota besar yang diduduki dalam menghadapi serangan balasan besar Ukraina yang telah merebut kembali bagian timur dan selatan.

Pada Minggu, baku tembak artileri yang bergema di seluruh kota gagal mencegah kerumunan warga yang gembira dan melambai-lambaikan bendera yang berkumpul melawan hawa dingin untuk berkumpul di alun-alun utama Kherson. Kerumunan mencoba menangkap sinyal ponsel dari stasiun darat Starlink yang dibawa dengan kendaraan militer Ukraina.

"Kami senang sekarang, tapi kami semua takut akan pengeboman dari tepi kiri," kata Yana Smyrnova, 35, seorang penyanyi, mengacu pada senjata Rusia di sisi timur Sungai Dnipro yang mengalir dekat kota.

Smyrnova mengatakan dirinya dan teman-temannya harus mendapatkan air dari sungai untuk mandi dan menyiram toilet mereka, dan hanya beberapa warga yang cukup beruntung memiliki generator yang menggerakkan pompa untuk mendapatkan air dari sumur.

Gubernur wilayah Kherson, Yaroslav Yanushevych, mengatakan pihak berwenang telah memutuskan untuk mempertahankan jam malam dari jam 5 sore hingga jam 8 pagi dan melarang orang meninggalkan atau memasuki kota sebagai tindakan keamanan.

"Musuh menambang semua infrastruktur penting," kata Yanushevych kepada TV Ukraina. "Kami berusaha bertemu dalam beberapa hari dan (kemudian) membuka kota," katanya.

Otoritas setempat mengatakan sebagian besar kota kekurangan listrik atau air. Yuriy Sobolevskiy, wakil ketua pertama dewan regional Kherson, mengatakan kepada TV Ukraina, meskipun pihak berwenang bekerja untuk memulihkan layanan kritis, situasi kemanusiaan tetap sangat sulit.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Vladimir Putin Volodymyr Zelenskyy Kejatahan Perang Kherson




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :