Minggu, 05/05/2024 05:04 WIB

Nadiem Ajak Siswa SMK Pupuk Karakter Tangguh dan Kompetitif

Nadiem Ajak Siswa SMK Pupuk Karakter Tangguh dan Kompetitif

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak siswa sekolah menengah kejuruan (SMK), supaya memupuk karakter tanggung dan berdaya saing, demi kemajuan bangsa.

Hal ini disampaikan dalam kegiatan `Sapa Peserta Didik SMK` yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Direktorat SMK Kemdikbudristek, pada Senin (17/11) kemarin.

"Karakter tangguh pelajar ini akan membangun keberanian mereka untuk bersaing dan melompat ke depan," kata Mendikbudristek.

Nadiem juga menyampaikan terobosan program SMK Pusat Keunggulan, di mana Kemdikbudristek hingga saat ini telah menjangkau lebih dari 1.400 SMK, dan memberikan dampak nyata pada 1.4 juta peserta didik.

"Tidak hanya melalui pengembangan sarana dan prasarana, tetapi juga dari implementasi Kurikulum Merdeka yang menjadi kewajiban bagi SMK Pusat Keunggulan untuk melahirkan insan-insan vokasi yang berkarakter tangguh, berkarya, dan kontribusi terhadap pembangunan bangsa," ujar dia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Kiki Yuliati mengingatkan peserta didik SMK sebagai insan vokasi, untuk terus berkarya dan berinovasi agar mampu bersaing memasuki dunia kerja, mandiri dalam berwirausaha, serta mampu menempuh pendidikan lebih lanjut.

"Adik-adik semua, Anda adalah calon pemimpin bangsa di masa depan. Bangsa dan negara sangat membutuhkan kontribusi dan peran aktif serta produktif dari adik-adik semua pada masa depan untuk negeri ini," kata Kiki.

Para siswa SMK juga didorong supaya bisa belajar dari lingkungan dan alam sekitar, serta belajar melalui beragam pengalaman. "Jadi tidak hanya di sekolah saja," pesan dia.

KEYWORD :

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim Siswa SMK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :