Jum'at, 03/05/2024 10:59 WIB

Antam Luncurkan Emas Batik Indonesia Seri III, Ini Filosofi dan Keunggulannya

Antam Luncurkan Emas Batik Indonesia Seri III, Ini Filosofi dan Keunggulannya.

PT Aneka Tambang Tbk Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia menghadirkan empat motif batik warisan budaya nusantara Indonesia yang dituangkan dalam emas, yakni Batik Bokor Kencono, Batik Huk, Batik Srimanganti, dan Batik Mahkota Siger. (Dok ANTAM/Jurnas.com)

JAKARTA, Jurnas.com - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) melalui Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia meluncurkan produk perhiasan dan emas batangan Batik Indonesia Seri III di Jakarta, Kamis (27/10).

Kali ini, Antam menghadirkan empat motif batik warisan budaya nusantara Indonesia yang dituangkan dalam emas, yakni Batik Bokor Kencono, Batik Huk, Batik Srimanganti, dan Batik Mahkota Siger.

General Manager (GM) Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) PT Antam, Purwanto menjelaskan, motif emas batik Indonesia yang diukir pada seri pertama, kedua dan ketiga dipilih sesuai dengan keinginan konsumen yang mengangkat batik-batik Nusantara.

"Motif batik yang diukir dalam emas batangan juga merupakan salah satu upaya Antam Logam Mulia memperkuat nilai batik Indonesia yang telah ditetapkan Unesco sebagai warisan kemanusiaan karya agung budaya nasional," kata  Purwanto kepada awak media.

Menurut Purwanto, motif batik pada produk emas batangan dan perhiasan liontin, yang hanya diproduksi dengan jumlah terbatas (10 ribu piece per keping, Red) juga memiliki filosofi tersendiri.

"Batik Huk bermakna pemimpin yang berbudi luhur, berwibawa, cerdas, dan mampu memberikan kemakmuran. Batik Srimanganti bermakna jalan menuju masa depan yang gemilang. Batik Mahkota Siger merupakan makota wanita bangsawan yang mempunyai makna feminitas, kekuatan dan keanggunan," tutur Purwanto.

Salah satu keuanggulan emas batik Indonesia seri III ini adalah fitur keamanan yang tinggi melalui penggunaan microtext yang tidak dapat dipalsukan oleh siapa pun. Invonasi ini telah menjadi salah satu keunggulan produk-produk Antam Mulia.

"Security ini memang kita desain tidak bisa ditiru oleh kompetitor-kompetitor yang lain. Kenapa? karena dari microtext ini akan sulit kita tampak kalo tidak menggunakan pembesar. Jadi ada tanda-tanda khusus dari produk batik dari pembeli terproteksi dari sisi securitynya," ujarnya.

Emas batik Indonesia seri III dicetak dengan berat 8 gram dengan kadar emas 91,7 persen atau EK-22. Sedangkan pada emas batangan, keempat motif batik, yakni Batik Bokor Kencono, Batik Huk, Batik Srimanganti dan Batik Mahkota Siger, dicetak dengan berat 10 gram dan 20 gram dengan kadar 999.9.

Produk Emas Batik Indonesia Seri III ini sudah dapat dibeli di seluruh jaringan Butik Emas Logam Mulia di 11 kota atau melalui pemesanan daring di jejaring resmi www.logammulia.com, serta Official store "Butik Emas ANTAM Official" di Tokopedia, Shopee dan Tiktok Shop.

Sebagai tambahan, Antam telah meluncurkan produk Emas Batik Indonesia Seri I pada tahun 2015. Beberapa motif batik yang diluncurkan saat itu meliputi Batik Parang Barong, Batik Sidomukti, Batik Mega Mendung, Batik Kawung Picis. 

Selanjutnya pada tahun 2018, Antam kembali meluncurkan produk Emas Batik Indonesia Seri II. Kala itu hadir bebarapa motif  baitik, yaitu Batik Truntum, Batik Wahyu Tumurun, Batik Sekar Jagad, dan Batik Purbonegoro.

KEYWORD :

Antam Emas Batik Indonesia Seri III Logam Mulia Purwanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :