Sabtu, 27/04/2024 15:36 WIB

K-Pop, Popularitas Tinggi Penghasilan Kecil

Banyak artis Korea Selatan menjadi terkenal di kalangan fans internasional. Namun ternyata dibalik kesuksesan tersebut, mereka merintih dalam glamour.

Bintang-bintang K-Pop dan K-Drama

K-Pop maupun K-Drama sangatlah terkenal. Tentu saja banyak orang yang menjadi penggemar drama Korea, demam K-drama dan K-pop yang berasal dari negeri ginseng itupun telah merambah dunia internasional.

Banyak artis Korea Selatan menjadi terkenal di kalangan fans internasional. Namun ternyata dibalik kesuksesan tersebut, mereka merintih dalam glamour. Sejumlah besar selebriti Korea mendapat upah yang kecil, beberapa bahkan dibawah upah minimum masyarakat Korea.

Menurut laporan dari pelayanan pajak nasional Korea, dari banyaknya artis yang melaporkan gaji, 15.423 diantaranya mengakui bahwa gaji yang diterima masih di bawah upah minimum yang seharusnya didapatkan oleh mereka.

Rata-rata aktor dan aktris memiliki gaji 43 juta KRW atau setara dengan Rp500juta. Namun 154 artis papan atas rata-rata mendapat gaji sebesar 1,9 Miliar KRW atau setara dengan Rp20miliar per orang.

Artis level bawah mendapatkan gaji sekitar 7Juta KRW per tahunnya, atau sekitar Rp 75juta per tahun. Jika dihitung per bulan mereka hanya mendapatkan 580 ribu KRW per bulan sekitar Rp 6juta per bulan.

Jumlah tersebut terbilang cukup kecil jika dibandingkan dengan rata-rata gaji masyarakat Korsel pada umumnya. Berdasarkan data layanan pajak nasional Korea rata-rata penghasilan warga Korea Selatan sekitar Rp 10juta per bulannya.[]

KEYWORD :

selebriti K-pop korea selatan popularitas tinggi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :