Sabtu, 27/04/2024 00:35 WIB

Ini Penyebab Inflasi 1,17 Persen Menurut BI

Erwin menyebut, perkembangan tersebut diprakirakan mendorong inflasi tahun 2022 melebihi batas atas sasaran 3,0±1%

Bank Indonesia

Jakarta, Jurnas.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Konsumen (IHK) pada September 2022 tercatat inflasi sebesar 1,17% secara bulanan, setelah pada bulan sebelumnya alami deflasi sebesar 0,21%.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan, inflasi terutama bersumber dari peningkatan harga kelompok administered prices, di tengah penurunan inflasi inti dan deflasi pada kelompok volatile food.

"Ke depan, tekanan inflasi IHK diprakirakan meningkat, akibat dampak lanjutan dari penyesuaian harga BBM bersubsidi, menguatnya tekanan inflasi dari sisi permintaan, dan masih tingginya harga energi dan pangan global," kata Erwin, Selasa (4/10/2022).

Erwin menyebut, perkembangan tersebut diprakirakan mendorong inflasi tahun 2022 melebihi batas atas sasaran 3,0±1%.

Oleh karena itu, diperlukan sinergi kebijakan yang lebih kuat antara pemerintah pusat dan daerah dengan BI, baik dari sisi pasokan maupun sisi permintaan untuk memastikan inflasi kembali ke sasarannya pada paruh kedua 2023.

Di samping itu, BI terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan mitra strategis dalam Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID), melalui peningkatan efektivitas pelaksanaan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di berbagai daerah untuk menjaga stabilitas harga dan ketahanan pangan.

Sebagai informasi, inflasi kelompok administered prices pada September 2022 mencatat peningkatan menjadi 6,18% secara bulanan dari inflasi pada bulan sebelumnya yang sebesar 0,33%.

Peningkatan tersebut utamanya dipengaruhi oleh first round effect dari penyesuaian harga BBM bersubsidi, seperti yang tercermin pada kenaikan inflasi bensin, angkutan dalam kota, solar, angkutan kota antarprovinsi, dan tarif kendaraan online.

 

KEYWORD :

Bank Indonesia IHK Inflasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :