Jum'at, 26/04/2024 12:58 WIB

AS Ingatkan Bakal Terjadi Bencana jika Rusia Nekat Gunakan Nuklir di Ukraina

AS ingatkan bakal terjadi bencana jika Rusia nekat gunakan nuklir di Ukraina.

Anggota layanan Ukraina naik di atas kendaraan tempur lapis baja, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Kharkiv, Ukraina, pada 24 September 2022. (Foto: REUTERS/Oleksandr Ratushniak)

JAKARTA, Jurnas.comAmerika Serikat (AS) memperingatkan konsekuensi bencana jika Moskow menggunakan senjata nuklir di Ukraina. Hal itu disampaikan setelah Menteri Luar Negeri Rusia mengatakan wilayah yang mengadakan referendum akan mendapatkan perlindungan penuh.

Pemungutan suara di empat wilayah Ukraina timur, yang bertujuan untuk mencaplok wilayah yang telah diambil paksa oleh Rusia, diadakan untuk hari ketiga pada hari Minggu. Parlemen Rusia dapat bergerak untuk meresmikan aneksasi dalam beberapa hari.

Dengan memasukkan wilayah Luhansk, Donetsk, Kherson, dan Zaporizhzhia ke dalam Rusia, Moskow dapat menggambarkan upaya untuk merebutnya kembali sebagai serangan terhadap Rusia sendiri, sebuah peringatan bagi Kyiv dan sekutu Baratnya.

Penasihat Keamanan Nasional AS, Jake Sullivan mengatakan pada Minggu bahwa AS akan menanggapi setiap penggunaan senjata nuklir Rusia terhadap Ukraina dan bahwa pihaknya telah menjelaskan kepada Moskow "konsekuensi bencana" yang akan dihadapinya.

"Jika Rusia melewati batas ini, akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Sullivan kepada program televisi Meet the Press dari NBC.

Peringatan AS terbaru menyusul ancaman nuklir terselubung yang dibuat pada hari Rabu oleh Presiden Vladimir Putin, yang mengatakan Rusia akan menggunakan senjata apa pun untuk mempertahankan wilayahnya.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov membuat poin lebih langsung pada konferensi pers pada hari Sabtu setelah pidato di Majelis Umum PBB di New York di mana ia mengulangi klaim Moskow untuk membenarkan invasi bahwa pemerintah terpilih di Kyiv secara tidak sah dipasang dan diisi dengan neo -Nazi.

Ditanya apakah Rusia akan memiliki alasan untuk menggunakan senjata nuklir untuk mempertahankan wilayah yang dicaplok, Lavrov mengatakan wilayah Rusia, termasuk wilayah yang "lebih diabadikan" dalam konstitusi Rusia di masa depan, "berada di bawah perlindungan penuh negara".

Ancaman palsu

Ukraina dan sekutunya telah menolak referendum sebagai tipuan yang dirancang untuk membenarkan eskalasi perang dan dorongan mobilisasi oleh Moskow setelah kekalahan medan perang baru-baru ini.

Perdana Menteri Inggris, Liz Truss mengatakan Inggris dan sekutunya tidak harus mengindahkan ancaman dari Putin, yang telah membuat apa yang dia sebut kesalahan strategis karena dia tidak mengantisipasi kekuatan reaksi dari Barat.

"Kita seharusnya tidak mendengarkan gertakan pedang dan ancaman palsunya. Sebaliknya, yang perlu kita lakukan adalah terus menjatuhkan sanksi kepada Rusia dan terus mendukung Ukraina," kata Truss kepada CNN dalam sebuah wawancara yang disiarkan pada hari Minggu.

Kantor berita Rusia mengutip sumber tak dikenal yang mengatakan parlemen Rusia dapat memperdebatkan rancangan undang-undang untuk menggabungkan wilayah baru segera setelah Kamis. RIA Novosti yang dikelola negara mengatakan Putin dapat berpidato di parlemen pada hari Jumat.

Rusia mengatakan referendum, yang diselenggarakan dengan tergesa-gesa setelah Ukraina merebut kembali wilayah dalam serangan balasan bulan ini, memungkinkan orang-orang di wilayah tersebut untuk mengekspresikan pandangan mereka.

Wilayah yang dikendalikan oleh pasukan Rusia di empat wilayah tersebut mewakili sekitar 15% dari Ukraina, sebuah wilayah yang kira-kira seukuran Portugal. Itu akan menambah Krimea, wilayah yang hampir seukuran Belgia yang diklaim Rusia telah dicaplok pada 2014.

Pasukan Ukraina masih menguasai beberapa wilayah di masing-masing wilayah, termasuk sekitar 40 persen ibukota provinsi Donetsk dan Zaporizhzhia. Pertempuran sengit berlanjut di seluruh front, terutama di Donetsk utara dan di Kherson.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang bersikeras bahwa Ukraina akan mendapatkan kembali semua wilayahnya, mengatakan pada hari Minggu ada hasil positif bagi Kyiv dalam beberapa bentrokan.

"Ini adalah wilayah Donetsk, ini adalah wilayah Kharkiv kami. Ini adalah wilayah Kherson, dan juga wilayah Mykolaiv dan Zaporizhzhia," kata Zelenskyy dalam video pidato malamnya.

Staf umum angkatan bersenjata Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan di Facebook bahwa Rusia telah meluncurkan empat rudal dan tujuh serangan udara dan 24 kali penembakan terhadap sasaran di Ukraina dalam 24 jam terakhir, menghantam puluhan kota, termasuk di dalam dan sekitar Donetsk dan wilayah Kherson.

Reuters tidak dapat memverifikasi akun secara independen.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Perang Rusia dan Ukraina Amerika Serikat Senjata Nuklir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :