Rabu, 08/05/2024 10:15 WIB

Kementan: P4S Champion Pembangunan Pertanian di Perdesaan

Kementan: P4S champion pembangunan pertanian di perdesaan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan champion pembangunan pertanian di perdesaan Indonesia.

"Penyuluh P4S setiap saat berkarya, setiap saat menjadi sumber inspirasi bagi petani di sekitar dan yang paling penting, mereka sesungguhnya itu  champion pembangunan pertanian di seluruh perdesaan Indonesia," kata Dedi pada di Forum Nasional (Fornas) P4S, Minggu (25/9).

Menurut Dedi, peran dari P4S sebetulnya sama dengan penyuluh, bahkan memiliki kelebihan dari penyuluh biasa dari sisi ke dekatan dengan petani. Di samping itu, P4S tidak bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Mereka itu petani yang memang maju, pintar, dan adaptif terhadap perubahan inovasi teknologi pertanian. Dengan petani lainnya frekuensinya sama, sehingga transformasi informasi dan inovasi teknologi itu akan lebih mudah disampaikan kepada para petani," terangnya.

Sebagai pembaharu perdesaan, Dedi berharap, P4S lebih aktif melakukan pelatihan peningkatan kapasitas dan pendampingan kepada para petani di desa terkait bagaimana menggenjot produksi dan produktivitas.

Di saat yang sama, lanjut Dedi, P4S juga membangun agribisnis pertanian di perdesaan agar pembangunan pertanian lebih terjamin keberlanjutannya.

"Nah, dengan agribisnis, ada jaminan bahwa pertanian itu menguntungkan. P4S berdiri paling depan di dalam membangun agribisnis. Makanya tadi saya katakan P4S sebagai motor penggerak agribisnis di perdesaan," katanya.

Dedi pun mengatakan optimistis melalui Fornas P4S, seluruh praktisi pertanian akan semakin kuat untuk mengantisipasi krisis pangan global. "saya jadi optimis bahwa masalah pangan insyaallah Indonesia aman. Ada P4S, pangan Indonesia insyaallah aman," tegasnya.

Menurutnya, yang paling penting adalah action eksekusi dari apa yang dibahas hari ini. "Saya sangat berharap P4S memanfaatkan program Kementerian Pertanian (Kementan) untuk menggenjot produktivitas, khususnya pertanian di desa," imbuhnya.

Terpisah, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, mengatakan desa memiliki peran penting untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

"Pembangunan pertanian yang terbaik harus dilakukan dari lapangan, dari desa. Oleh sebab itu, pertanian desa harus kita dukung dan tingkatkan," kata Mentan Syahrul.

KEYWORD :

Fornas P4S Cara Bertindak Dedi Nursyamsi Krisis Pangan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :