Rabu, 15/05/2024 18:29 WIB

Sebut Ferdy Sambo Bos Mafia, Ini Penjelasan Ketua Komnas HAM

Sambo punya kekuatan untuk mengendalikan puluhan polisi dalam merekayasa kasus pembunuhan Brigadir J.

Ketua Komnas HAM RI Ahmad Taufan Damanik

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik angkat bicara terkait pernyataannya terkait video yang viral di media sosial.

Dalam video itu Taufan menyebut matan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo seperti bos mafia. Menurutnya, video itu diambil tanpa persetujuan darinya.

Di mana, video tersebut diambil saat Taufan berbincang usai diskusi bersama penyandang disabilitas tentang jalan keluar regulasi daerah

"Tanpa persetujuan ada yang merekam dan memposting. Itu kan tidak etis," kata Taufan kepada wartawan, Senin (5/9).

Adapun terkait pernyataan terkait Ferdy Sambo bos mafia, Taufan menjelaskan, Ferdy Sambo punya kekuatan untuk mengendalikan puluhan polisi dalam merekayasa kasus pembunuhan Brigadir J.

"Dia mampu mengendalikan puluhan polisi bahkan yg di luar kendalinya (Reskrim) serta melakukan rekayasa obstruction of justice, kan luar biasa itu," kata dia.

Namun demikian, ia menjelaskan jika kata mafia kurang tepat jika diucapkan di publik. Menurutnya, kata tersebut hanya istilah dalam obrolan informal sesama teman.

"Sayangnya direkam dan diposting," kata dia.

Dalam beberapa kesempatan Taufan menegaskan apa yang dilakukan Ferdy Sambo dalam tindakan obstruction of justice selayaknya tumor yang menggerogoti institisi Polri dan penegakan hukum

"Makanya Kapolri harus berani ambil tindakan tegas membuang semua elemen tumornya," katanya.

Taufan menyebut Komnas HAM akan membuat rekomendasi khusus terkait itu kepada Presiden Joko Widodo dan DPR. Menurutnya, institusi Polri perlu direformasi.

"Ke Presiden dan DPR RI kami akan rekomendasikan soal reformasi kelembagaan," tuturnya.

Sebelumnya beredar, di media sosial seperti dalam akun instagram @majeliskopi08. Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik sempat mengingatkan bahwa Ferdy Sambo bukan orang sembarangan.

"Sambo bukan orang sebarangan puluhan tahun jadi reserse bukan enggak tau dia cara, sebagai bos mafia dia tahu caranya keluar," kata Taufan dalam videonya.

"Orang waktu saya tanyain segala macam ada saatnya dia nangis ada saatnya dia senyum. Seperti kira kira bahasa isyarat nya elu enggak tahu siapa gue," tambah dia.

Bahkan, Taufan mengaku jika Sambo ketika ditemuinya saat proses rekonstruksi terlihat santai dan seperti tidak ada beban, bahkan sempat menyapanya.

`Senyum dia direkonstruksi, nyantai aja jalan dengan gagah hei pak. Dia kan sering ke Komnas HAM pas ada kasus, hei pak apa kabar," ucap Taufan.

KEYWORD :

Komnas HAM Ferdy Sambo Bos Mafia Pembunuhan Brigadir J




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :