Sabtu, 27/04/2024 08:10 WIB

Inggris Sebut Rusia Tak Punya Moral untuk Duduk di G20

Inggris sebut Rusia tak punya moral untuk duduk di G20.
 

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow tengah pada 9 Mei 2022. (AFP)

JAKARTA, Jurnas.com - Inggris mengatakan, Rusia tidak memiliki hak moral untuk duduk bersama negara-negara G20 sementara Rusia terus melakukan invasi ke Ukraina.

"Rusia tidak memiliki hak moral untuk duduk di G20 sementara agresinya di Ukraina berlanjut," kata kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Inggris, Jumat (19/8).

"Kami menyambut baik upaya Indonesia untuk memastikan bahwa dampak perang Rusia dipertimbangkan dalam pertemuan G20, serta indikasi bahwa Ukraina dapat diwakili oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy di KTT Pemimpin G20," sambungnya.

Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT pada bulan November dan telah mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin China Xi Jinping akan hadir.

Kabar kehadiran kedua pemimpin pada KTT G20 di Bali November mendatang tersebut dikonfirmasi oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) kepada Bloomberg News dalam sebuah wawancara.

"Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang," kata Presiden Jokowi mengkonfirmasi kehadiran mereka untuk pertama kalinya.

Mantan sekretaris kabinet dan penasihat tidak resmi Presiden Jokowi, Andi Widjajanto juga mengkonfirmasi bahwa Putin dan Xi akan menghadiri KTT tersebut.

"Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin keduanya berencana untuk hadir di Bali," Andi Widjajanto, yang mengepalai Lembaga Ketahanan Nasional, kepada kantor berita Reuters.

KEYWORD :

Inggris G20 di Bali Vladimir Putin Invasi Rusia ke Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :