Selasa, 07/05/2024 02:32 WIB

Resmi Bergulir, OSN 2022 Diikuti 797 Siswa se-Indonesia

Resmi Bergulir, OSN 2022 Diikuti 797 Siswa se-Indonesia

Olimpiade Sains Nasional (OSN) | Foto: Kemdikbudristek

Jakarta, Jurnas.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), resmi membuka Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2022 pada Senin (1/8) lalu.

Kegiatan yang diikuti oleh 797 peserta jenjang pendidikan dasar dari seluruh Indonesia ini, bakal berlangsung hingga 7 Agustus 2022 mendatang secara hibrida.

Sekretaris Jenderal Kemdikbudristek, Suharti mengatakan, pemerintah berkomitmen memfasilitasi generasi penerus bangsa dalam berinovasi di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Komitmen tersebut termasuk juga mendorong akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia di seluruh pelosok tanah air.

"OSN ini adalah suatu wadah untuk anak-anak Indonesia dapat saling mengenal dan belajar hal baru serta menunjukkan kemampuannya dan memanfaatkan ini sebagai sarana untuk menambah teman baru, membangun pertemanan, agar anak-anak juga dapat bersama-sama mempelajari sains," kata Suharti dalam keterangannya pada Rabu (3/8).

Suharti berharap dari kompetisi OSN 2022 akan lahir peraih Nobel Bidang Sains di masa mendatang. "Terlepas dari hasil OSN, kalian semua menurut saya adalah juara, dan insan harapan Indonesia," imbuh Suharti.

Sebagai informasi, kompetisi ini menyasar peserta jenjang Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Sekolah Menengah Pertama (SMP), serta Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk SD/MI serta tambahan IPS untuk SMP/MTs yang kesemuanya dilaksanakan secara tes teori dan observasi.

Kepala BPTI Kemdikbudristek, Asep Sukmayadi melaporkan bahwa mulai tahun 2022, pelaksanaan OSN akan difasilitasi oleh BPTI selaku Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikburistek.

"Meski di suasana pandemi, total peserta yang mengikuti jenjang SD sebanyak 272 siswa, di jenjang SMP sebanyak 525 siswa, bahkan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) juga turut serta dalam OSN 2022 yaitu Sekolah Indonesia Cairo," urai Asep.

Asep menambahkan, ajang OSN 2022 dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap sains dan matematika sekaligus sejalan dengan implementasi program Merdeka Belajar.

"Melalui OSN 2022, kita dapat mengidentifikasi serta terpilih talenta muda bidang sains dan matematika yang nantinya akan kita berikan pembinaan untuk mengikuti kompetisi/olimpiade tingkat dunia," ucap Asep.

KEYWORD :

Olimpiade Sains Nasional OSN 2022 Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :