Selasa, 23/04/2024 23:51 WIB

Mahasiswa IISMA Diharapkan Jadi Duta RI di Luar Negeri

Mahasiswa IISMA Diharapkan Jadi Duta RI di Luar Negeri

Mahasiswa IISMA tahun 2022 (Foto: Jurnas/Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Para mahasiswa penerima beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), diharapkan menjadi duta Indonesia di luar negeri.

Hal ini disampaikan Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), Sri Gunani Partiwi, saat membuka rangkaian kegiatan Pre-Departure Series pada Sabtu pekan lalu.

Pre-Departure Series merupakan rangkaian kegiatan pembekalan dan bimbingan sebelum para mahasiswa diberangkatkan ke berbagai Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN), yang diikuti oleh 1.133 mahasiswa program sarjana dan 559 mahasiswa program vokasi.

Sri menitipkan tugas kepada mahasiswa untuk bisa menjadi agen toleransi yang menebarkan nilai-nilai luhur persatuan Indonesia di luar negeri, terutama di tengah semakin menguatnya isu rasial di tingkat global.

"Sebagai bangsa yang menjunjung toleransi di bawah naungan Bhinneka Tunggal Ika, maka sudah menjadi kewajiban bagi kita untuk bisa menjadi agen perubahan yang membawa nilai-nilai toleransi Nusantara," terang Sri.

Belajar di PTLN terkemuka, lanjut Sri, merupakan sebuah kesempatan langka dan bisa menjadi momentum penting bagi mahasiswa untuk belajar berbagai hal dan perspektif baru. Oleh sebab itu, Sri berpesan agar mahasiswa peserta program IISMA 2023 bisa memanfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya.

"Kesempatan belajar di perguruan terkemuka di luar negeri juga akan menjadi pengalaman berharga dan menjadi media pembelajaran bagi mahasiswa untuk mengasah berbagai kompetensi dan menambah wawasan global," lanjut Sri.

Sementara itu, Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Beny Bandanadjaja menyampaikan bahwa IISMA merupakan salah satu program prestisius yang menyaring talenta-talenta terbaik bangsa untuk belajar mengasah kompetensi dan mempersiapkan diri menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) unggul yang bisa memimpin pembangunan bangsa di masa mendatang.

"Dalam waktu 10 atau 20 tahun mendatang, Indonesia akan merasakan bonus demografi di mana mahasiswa-mahasiswa hari ini akan menjadi SDM unggul yang harus kita persiapkan sebaik-baiknya, terutama yang berkaitan dengan relevansi antara dunia industri dengan ketersediaan tenaga kerja," tutur Beny.

Para peserta IISMA 2023 akan memulai studi di perguruan tinggi mitra pada pertengahan 2023. Terdapat 128 mitra PTLN di 27 negara yang bergabung pada IISMA 2023.

Di antara deretan mitra PTLN, terdapat nama perguruan tinggi top dunia yang termasuk dalam peringkat 20 besar pada QS World University Ranking, yaitu University of Cambridge, University College London, University of Chicago, University of Pennsylvania, The University of Edinburgh, Yale University, dan Nanyang Technological University.

KEYWORD :

IISMA Beasiswa Pendidikan Kemdikbudristek Ditjen Diktiristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :