Sabtu, 27/04/2024 23:59 WIB

Balita Sering Bangun Tengah Malam? Ini Cara Meredakannya

Jadwal tidur yang tidak normal, hingga harus menyusui setiap saat menjadi tantangan bagi wanita pasca melahirkan.

Bayi

Semua ibu pasti pernah merasakan betapa beratnya beban harus begadang setiap malam setelah melahirkan bayi. Jadwal tidur yang tidak normal, hingga harus menyusui setiap saat menjadi tantangan bagi wanita pasca melahirkan.

Tidak hanya itu, setelah menginjak usia satu tahun, beban seorang ibu tidak berakhir begitu saja. Tantangan selanjutnya adalah balita kerap kali tiba-tiba terbangun di tengah malam. Walhasil, waktu tidur Anda akan terganggu, dan berpengaruh terhadap kesehatan.

Jangan khawatir, dikutip dari Science Daily beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda membuat balita tetap tidur nyenyak. Apa saja?

  1. Jadwal teratur

Buatlah jadwal tidur lebih awal untuk balita. Ingat, semakin balita Anda mengalami kelelahan karena jadwal bermain yang terlalu panjang, maka semakin besar peluang mereka terbangun di tengah malam. Jangan lupa juga untuk membuat jadwal tidur siang untuk anak Anda.

  1. Benda-benda cantik

Keberadaan benda-benda cantik dan lucu di sekitar tempat tidur balita, dapat membantunya tidur lelap. Tentu saja, untuk membuat mereka mengenali benda-benda tersebut, peran Anda sebagai orang tua harus lebih aktif. Sehingga, ketika Anda tidak berada di sisi mereka saat tidur, anak Anda dapat tetap tidur nyenyak.

  1. Pengantar tidur

Jangan biarkan balita Anda tidur begitu saja tanpa cerita tidur. Selain mampu meningkatkan daya imajinasi anak, membacakan cerita pengantar tidur dapat membuat mereka tidur lebih nyenyak.

  1. Kondisi kamar yang rapi

Pastikan kondisi kamar si kecil tetap rapi dan tidak berantakan.

  1. Biasakan anak di tempat tidur

Letakkan anak Anda di tempat tidur saat tengah terjaga. Ini membantu mereka untuk mengenali tempat tidur dan ruangan sekitar. Cara ini juga bermanfaat untuk membuat mereka belajar kembali ke tempat tidur, saat terbangun di tengah malam

KEYWORD :

Balita susah tidur tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :