Jum'at, 26/04/2024 20:40 WIB

Jepang Protes China atas Pengembangan Sumber Daya Laut China Timur

Jepang protes China atas pengembangan sumber daya Laut China Timur.

Bendera China dan Jepang berkibar di depan Gerbang Tiananmen di Beijing, China. (File foto: REUTERS/Thomas Peter)

JAKARTA, Jurnas.com - Jepang memprotes China terkait tindakan pengembangan sumber daya sepihak Beijing di Laut China Timur. Tokyo mengatakan, kegiatan itu terus berlanjut meskipun ada perjanjian kerjasama bilateral tahun 2008 di perairan kawasan itu.

Di Laut Cina Timur, di mana tidak ada perbatasan resmi antara kedua negara yang telah ditarik, Negeri Tirai Bambu telah membangun lebih dari selusin platform eksplorasi gas di sebelah barat garis jarak yang sama di antara mereka.

Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Jepang mengatakan pihaknya mengajukan protes kepada seorang pejabat senior di kedutaan besar China di Tokyo setelah angkatan lautnya menemukan struktur dasar platform baru yang diangkut ke sana.

"Sangat disesalkan bahwa China melanjutkan kegiatan pembangunan sepihaknya, meskipun berada di sisi barat dari garis jarak yang sama antara Jepang dan China," kata Kemenlu dalam sebuah pernyataan.

China adalah salah satu tetangga barat Jepang.

Hubungan antara Cina dan Jepang, ekonomi terbesar kedua dan ketiga di dunia, telah lama terganggu dengan sengketa wilayah atas sekelompok pulau tak berpenghuni di Laut Cina Timur serta warisan agresi masa perang Jepang.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Laut China Timur Beijing




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :