Sabtu, 27/04/2024 15:00 WIB

Didukung Asosiasi Hilir Sawit, Forwatan Salurkan Bantuan ke Yayasan Sosial

Pemberian bantuan secara simbolis dilakukan di Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, pada pertengahan Mei 2022, diserahkan Ketua Forwatan, Yuwono Nugroho, didampingi Wakil Ketua Forwatan, Qayuum Amri, dan Sekjen Forwatan, Beledug Bantolo kepada Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, Ahmad Perdana.

 

JAKARTA, Jurnas.com - Forum Wartawan Pertanian (Forwatan) menyalurkan bantuan kepada 3 Yayasan Sosial yang berada di Jakarta dan Depok, Jawa Barat. Ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan Forwatan setiap tahunnya.

Penyaluran bantuan ini terlaksana berkat dukungan tiga asosiasi hilir sawit yaitu Asosiasi Produsen Biofuels Indonesia (APROBI), Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI) dan Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (APOLIN).

Bantuan ini diberikan kepada tiga yayasan yaitu Yayasan Wisata Sedekah Indonesia (Kebagusan, Jakarta Selatan), Lembaga Amil Zakat Nasional Panti Yatim Indonesia (Ciracas, Jakarta Timur), dan Yayasan Intifa Cinta yatim Al Ikhwaniyah (Limo, Depok) sebagai bentuk kepedulian di tengah pandemi dan pemulihan ekonomi masyarakat. 

Pemberian bantuan secara simbolis dilakukan di Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, pada pertengahan Mei 2022, diserahkan Ketua Forwatan, Yuwono Nugroho, didampingi Wakil Ketua Forwatan, Qayuum Amri, dan Sekjen Forwatan, Beledug Bantolo kepada Pembina Yayasan Wisata Sedekah Indonesia, Ahmad Perdana.

Sebagai informasi, Yayasan Wisata Sedekah Indonesia membina 90 anak yatim untuk diberikan bantuan secara finansial dan juga pendidikan agama. Sebagian besar mereka berasal dari keluarga kurang mampu.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad  menjelaskan, berdirinya kegiatan Yayasan Wisata Sedekah Indonesia semenjak 2004. Kegiatan yayasan antara lain Sedekah Jumat, Yatim Berbagi, Wisata Sedekah, dan Rumah Baca Keliling.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Forum Wartawan Pertanian yang berkenan hadir dan memberikan bantuan bagi kegiatan anak-anak yatim. Begitu pula apresiasi setinggi-tingginya kepada asosiasi sawit lain seperti GIMNI, APOLIN, dan APROBI yang turut mendukung kegiatan sosial ini. Tentu saja, bantuan ini menjadi upaya memberikan edukasi dan kontribusi industri hilir sawit kepada masyarakat.  Semoga industri sawit memberikan keberkahan bagi masyarakat Indonesia,” ujarnya dalam kesempatan tersebut dalam siaran pers yang diterima redaksi, Jumat (10/6).

Ketua Harian APROBI, Paulus Tjakrawan mengapresiasi inisiatif Forwatan yang rutin mengadakan kegiatan sosial setiap tahunnya dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu dan menjadi bagian kontribusi sawit bagi pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Ia mengatakan, bantuan ini menunjukkan kontribusi industri sawit di sektor hilir kepada masyarakat. Seperti diketahui, industri sawit seperti biodiesel punya peranan penting bagi negara dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Ketua Umum GIMNI, Bernard Riedo dalam kesempatan terpisah, mendukung kegiatan penyaluran bantuan ini sebagai upaya saling membantu sesama serta memberikan edukasi informasi kelapa sawit bagi masyarakat.

"Harapan kami, kerjasama yang berjalan baik ini antara GIMNI, APROBI, dan APOLIN bersama Forum Wartawan Pertanian dapat terus berlanjut ke depannya," harap Bernard.

Ketua Umum APOLIN, Rapolo Hutabarat menjelaskan bahwa turunnya angka pandemi COVID-19 merupakan momentum positif untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan saling membantu.

"Budaya saling membantu dan gotong royong harus terus dijalankan sebagai landasan kehidupan bermasyarakat. Atas dasar itulah, kami dari APOLIN, APROBI, GIMNI bersama Forum Wartawan Pertanian, kembali mengadakan kegiatan sosial di tahun ini," urai Rapolo.

Sementara itu, Ibnu memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada tiga asosiasi hilir sawit yang mempercayakan penyaluran bantuan tersebut melalui Forwatan. Bantuan ini menunjukkan industri sawit tidak saja berkontribusi bagi negara melainkan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat.

"Setelah penyerahan bantuan ini, rekan-rekan Forwatan tetap berkomitmen untuk menyalurkan bantuan kegiatan lain melalui dukungan dan kolaborasi berbagai pihak. Melalui bantuan ini, harapan kami perekonomian  masyarakat menjadi lebih baik," pungkasnya menutup pembicaraan.

KEYWORD :

Forwatan APROBI GIMNI APOLIN Yayasan Sosial




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :