Senin, 20/05/2024 06:55 WIB

Bangun IKN, Kementerian PUPR Belum Terima Dana

Bangun IKN, Kementerian PUPR belum terima dana

Illustrasi - Pembangunan Infrastruktur utama Ibu Kota Nusantara (IKN). (Biro Humas Kementerian PUPR)

Jakarta, Jurnas.com - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan mulai konstruksi pada semester II tahun ini atau Juli mendatang. Namun Kementerian PUPR masih menunggu anggaran untuk pembangunan tersebut. Adapun infrastruktur awal yang akan dibangun adalah konektivitas jalan untuk akses logistik pembangunan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, Kementerian PUPR saat ini belum mengantongi anggaran untuk segera melakukan pembangunan infrastruktur awal di IKN Nusantara. "Anggaran sedang berproses di Kementerian Keuangan," kata dia saat dihubungi Rabu (8/6/2022).

Menurut dia, Kemenkeu sudah menjanjikan pencairan anggaran untuk membangun IKN bakal di dilakukan secepatnya. Ini mengingat target pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan tahap I pada 2024.

Meski demikian, Diana menjelaskan, Kementerian PUPR juga tengah melakukan pelelangan tender untuk membangun beberapa infrastruktur di IKN. Pelelangan tersebut saat ini juga masih berproses. "Segera (dicairkan), namun kita tetap berproses untuk lelang dini," ujarnya.

Sebelumnya Kementerian PUPR mengajukan kebutuhan anggaran kepada Kemenkeu untuk membangun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) hingga 2024 sebesar Rp48 triliun. Dana tersebut bakal digunakan untuk melakukan pembangkangan konektivitas jalan, seperti akses masuk ke KIPP dari Bandara.

Selain itu, gedung-gedung perkantoran hingga perumahan juga harus selesai sebelum kota tersebut mulai dihuni pada dua tahun mendatang.

 

KEYWORD :

IKN PUPR Diana Kusumastuti Anggaran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :