Sabtu, 27/04/2024 08:16 WIB

Pemerintah Telah Operasikan Tiga Jalan Tol di Indonesia Timur

Sepanjang 99,35 km, Jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Kalimantan

Ilustrasi jalan Tol Jakarta-Cikampek. (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah melalui Kementerian PUPR telah bangun sejumlah jaringan jalan tol di kawasan timur Indonesia yakni di Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Hingga saat ini telah terdapat tiga jalan tol yang telah beroperasi di Kalimantan dan Sulawesi.

A. Jalan Tol Ujung Pandang

Jalan Tol ini menghubungkan beberapa tempat penting seperti Pelabuhan Soekarno-Hatta, pusat kota, pusat komersial panakkukang, Kawasan industri Makassar, dan Bandara International Sultan Hasanuddin.

Terdiri dari 4 seksi, seksi 1 dan 2 disebut Tol Reformasi, seksi 3 disebut Tol Layang A.P. Pettarani, sementara seksi 4 disebut dengan Tol Ir.Sutami.

Dengan panjang 21,92 km. Tol Reformasi diresmikan pada tahun 1998, Tol Ir. Sutami diresmikan pada tahun 2008, sementara Tol Layang A.P Pettarani diresmikan pada tahun 2021.

B. Jalan Tol Balikpapan - Samarinda

Sepanjang 99,35 km, Jalan tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Kalimantan.

Menghubungkan Balikpapan dan Samarinda, Jalan tol ini dirancangkan bakal jadi cikal bakal Jalan Trans-Kalimantan, Terdiri dari 5 Seksi, Seksi 2,3, dan 4 diresmikan pada 2019. Sementara seksi 1 dan 5 diresmikan pada 2021.

C. Jalan Tol Manado-Bitung

Jalan Tol ini merupakan jalan Tol yang menghubungkan Manado dengan Bitung. Dengan panjang 39,8 km, jalan tol ini merupakan bagian dari jaringan jaln Tol Trans-Sulawesi.

Jalan Tol Manado-Bitung mempermudah akses menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Sehingga diharapkan dapat menarik investor dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara.

Jalan tol Manado-Bitung diresmikan pada tahun 2022 lalu.

KEYWORD :

Jalan Tol PUPR Tol Reformasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :