Jum'at, 26/04/2024 09:18 WIB

Ibu Negara AS Jill Biden Kunjungan Mendadak ke Ukraina

Jill Biden mengunjungi sebuah sekolah yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara dan bertemu dengan ibu negara Ukraina, Olena Zelenska.

Ibu negara AS Jill Biden bertemu dengan Olena Zelenska, istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, di luar sekolah umum di Uzhhorad, Ukraina, pada 8 Mei 2022. (Foto: Susan Walsh/Pool via Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Ibu negara Amerika Serikat (AS), Jill Biden melakukan perjalanan mendadak ke Ukraina pada Minggu (8/5) untuk menunjukkan dukungan bagi rakyatnya di tengah invasi Rusia.

Jill Biden mengunjungi sebuah sekolah yang berfungsi sebagai tempat penampungan sementara dan bertemu dengan ibu negara Ukraina, Olena Zelenska.

"Saya pikir penting untuk menunjukkan kepada rakyat Ukraina bahwa perang ini harus dihentikan dan perang ini brutal dan bahwa rakyat AS mendukung rakyat Ukraina," kata Jill Biden, menurut sebuah laporan oleh Washington Post.

Sekolah tersebut berfungsi sebagai tempat penampungan bagi 163 pengungsi Ukraina, termasuk 47 anak-anak, kata laporan itu.

Jill Biden , yang telah melakukan perjalanan di negara tetangga Slovakia, memberikan bunga kepada Zelenska, yang membuat penampilan publik pertamanya sejak invasi Rusia dimulai pada 24 Februari, menurut seorang pejabat AS. Kedua wanita itu berpelukan.

Zelenska mengatakan Biden berani melakukan perjalanan itu.

"Kami memahami apa yang diperlukan ibu negara AS untuk datang ke sini selama perang ketika aksi militer terjadi setiap hari, di mana sirene udara terjadi setiap hari bahkan hari ini," katanya melalui seorang penerjemah, menurut laporan itu.

"Kami semua merasakan dukungan Anda dan kami semua merasakan kepemimpinan presiden AS, tetapi kami ingin mencatat bahwa Hari Ibu adalah hari yang sangat simbolis bagi kami karena kami juga merasakan cinta dan dukungan Anda selama hari yang begitu penting."

Presiden AS, Joe Biden telah memimpin upaya untuk menjatuhkan sanksi ekonomi pada Rusia dan menekan Presiden Vladimir Putin untuk mengakhiri perang.

Presiden AS belum pernah ke Ukraina sejak invasi, tetapi pejabat tinggi AS lainnya: Menteri Luar Negeri Antony Blinken, Menteri Pertahanan Lloyd Austin, dan Ketua DPR Nancy Pelosi mengunjungi Kiev dalam dua minggu terakhir.

Jill Biden kembali ke Slovakia setelah perjalanannya melintasi perbatasan.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Amerika Serikat Jill Biden Olena Zelenska Invasi Rusia ke Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :