Jum'at, 26/04/2024 12:31 WIB

Presiden Vladimir Putin Tuduh Barat Berusaha Hancurkan Rusia

Putin menuduh Barat menghasut Ukraina untuk merencanakan serangan terhadap wartawan Rusia, tuduhan yang dibantah oleh Kyiv.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pidato selama konser yang menandai ulang tahun kedelapan pencaplokan Krimea oleh Rusia di Stadion Luzhniki di Moskow, Rusia 18 Maret 2022. Agen Foto Host RIA Novosti/Alexander Vilf via Reuters/File Foto

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Vladimir Putin menuduh Barat berusaha menghancurkan Rusia dan menuntut jaksa mengambil garis tegas terhadap plot yang dibuat mata-mata asing untuk memecah negara dan mendiskreditkan angkatan bersenjatanya.

Berbicara kepada jaksa tinggi Rusia dan diawasi oleh menteri pertahanannya, Putin menuduh Barat menghasut Ukraina untuk merencanakan serangan terhadap wartawan Rusia, tuduhan yang dibantah oleh Kyiv.

Putin mengatakan penerus utama KGB era Soviet, Layanan Keamanan Federal (FSB), pada Senin telah mencegah upaya pembunuhan oleh kelompok teroris terhadap jurnalis TV Rusia Vladimir Solovyev.

"Mereka telah pindah ke teror - untuk mempersiapkan pembunuhan jurnalis kami," kata Putin tentang Barat.

Putin, mantan mata-mata KGB yang telah memerintah Rusia sebagai pemimpin tertinggi sejak hari terakhir tahun 1999, tidak segera memberikan bukti untuk mendukung pernyataannya dan media tidak dapat segera memverifikasi tuduhan tersebut.

Kepala FSB Alexander Bortnikov mengatakan sekelompok enam warga negara Rusia neo-nasionalis telah merencanakan untuk membunuh Solovyev, salah satu jurnalis TV dan radio paling terkenal di Rusia, atas perintah Layanan Keamanan Negara (SBU) Ukraina.

SBU membantah tuduhan itu, yang katanya fantasi yang dibuat oleh Moskow. "SBU tidak memiliki rencana untuk membunuh V Solovyev," katanya dalam sebuah pernyataan.

Solovyev, pembawa acara talk show yang tamunya sering merendahkan Ukraina dan membenarkan tindakan Moskow di sana, berterima kasih kepada FSB.

Putin mengatakan, Barat menyadari bahwa Ukraina tidak dapat mengalahkan Rusia dalam perang sehingga telah pindah ke rencana yang berbeda - penghancuran Rusia itu sendiri.

"Tugas lain telah mengemuka: Untuk memecah masyarakat Rusia dan menghancurkan Rusia dari dalam," kata Putin. "Ini tidak bekerja."

Putin mengatakan organisasi media asing dan media sosial telah digunakan oleh mata-mata Barat untuk melakukan provokasi terhadap angkatan bersenjata Rusia.

Jaksa harus bereaksi cepat terhadap berita dan laporan palsu yang merusak ketertiban, kata Putin, tanpa memberikan contoh spesifik.

"Mereka sering diorganisir dari luar negeri, diorganisir dengan cara yang berbeda - baik informasinya berasal dari sana atau uangnya. Jaksa harus memerangi ekstremisme lebih aktif," kata Putin.

Hanya beberapa hari setelah memerintahkan invasi ke Ukraina, Putin menandatangani undang-undang yang menjatuhkan hukuman penjara hingga 15 tahun karena sengaja menyebarkan berita palsu tentang militer.

Rusia mengatakan media Barat telah memberikan narasi parsial yang berlebihan tentang perang di Ukraina yang sebagian besar mengabaikan kekhawatiran Moskow tentang perluasan NATO dan apa yang dikatakannya adalah penganiayaan terhadap penutur bahasa Rusia di Ukraina.

Invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan menimbulkan kekhawatiran akan konfrontasi yang lebih luas antara Rusia dan Amerika Serikat - sejauh ini dua kekuatan nuklir terbesar di dunia.

Putin mengatakan "operasi militer khusus" di Ukraina diperlukan karena Amerika Serikat (AS) menggunakan Ukraina untuk mengancam Rusia dan Ukraina bersalah atas genosida terhadap orang-orang berbahasa Rusia.

Ukraina mengatakan sedang memerangi perampasan tanah oleh Rusia dan bahwa tuduhan genosida Putin adalah omong kosong.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Vladimir Putin Negara Barat Ukraina Serangan Wartawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :