Sabtu, 27/04/2024 06:24 WIB

Balas Serangan Roket, Pesawat Perang Israel Kembali Serang Gaza

Dua kamp pelatihan digunakan oleh Hamas, kelompok Islam yang menguasai daerah kantong yang diblokade, dan tidak ada korban yang dilaporkan, kata saksi mata.

Garis-garis cahaya terlihat saat sistem anti-rudal Iron Dome Israel mencegat roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza menuju Israel, seperti yang terlihat dari Ashkelon, Israel 21 Apr 2022. (Foto: Reuters/Amir Cohen)

JAKARTA, Jurnas.comIsrael melakukan serangan udara di Gaza tengah sebelum fajar pada Kamis (21/4) setelah sebuah roket yang diluncurkan dari wilayah Palestina mendarat di Israel, kata pejabat Hamas dan sumber militer Israel.

Pesawat-pesawat tempur Israel menyerang pos keamanan dan bagian dari situs bawah tanah yang digunakan untuk memproduksi mesin roket, kata militer Israel dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, sebuah roket yang ditembakkan dari Gaza menghantam Israel selatan, menyebabkan kerusakan ringan pada sebuah rumah tetapi tidak ada korban luka, kata polisi. Tidak ada faksi yang mengaku bertanggung jawab atas serangan kedua dalam beberapa hari ini.

Meningkatnya kekerasan di Israel dan wilayah Palestina yang diduduki telah menimbulkan kekhawatiran akan kembali ke konflik yang lebih luas.

Sejak Maret, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 29 warga Palestina dalam serangan Tepi Barat, dan serangkaian serangan jalanan Arab yang mematikan telah menewaskan 14 orang di Israel.

Dalam sebuah pernyataan, Hamas mengatakan pemboman Israel hanya akan mendorong warga Palestina untuk melawan pendudukan dan meningkatkan dukungan mereka untuk Yerusalem dan rakyatnya.

Konfrontasi di Kota Tua Yerusalem - khususnya di kompleks masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh orang Yahudi sebagai Temple Mount - menimbulkan risiko kambuh menjadi kebakaran yang lebih luas seperti perang 11 hari Israel-Gaza tahun lalu, di mana lebih dari 250 warga Palestina di Gaza dan 13 orang di Israel tewas.

Ketegangan tahun ini telah meningkat sebagian oleh bulan suci Ramadan bertepatan dengan perayaan Paskah Yahudi.

Dengan mengizinkan lebih banyak jemaah Yahudi masuk ke kompleks suci, warga Palestina mengatakan Israel melanggar kebijakan berabad-abad yang menurutnya non-Muslim boleh berkunjung tetapi tidak berdoa.

Para pemimpin Israel mengatakan mereka memastikan kebebasan beribadah untuk semua agama di Yerusalem.

Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan juga dihormati oleh orang-orang Yahudi sebagai lokasi dua kuil kuno.

Palestina menginginkan Yerusalem Timur, termasuk tempat-tempat suci Muslim, Kristen dan Yahudi, sebagai ibu kota negara masa depan.

Israel, yang mencaplok Yerusalem Timur dalam sebuah langkah yang tidak diakui secara internasional setelah merebut wilayah itu dalam perang tahun 1967, menganggap seluruh Yerusalem sebagai ibu kota abadinya.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Israel Gaza Serangan Roket




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :