Sabtu, 27/04/2024 07:49 WIB

Biden Bakal Bertemu Pemimpin ASEAN di Washington

KTT Khusus ASEAN dan AS ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017.

Presiden AS Joe Biden dan Tim Tanggap COVID-19-nya mengadakan panggilan rutin mereka dengan Asosiasi Gubernur Nasional untuk membahas tanggapan Pemerintahannya terhadap varian Omicron dan untuk mendengar dari para Gubernur tentang kebutuhan di Negara Bagian mereka, di South Court Auditorium di White House, di Washington, pada 27 Desember 2021. (Foto: Reuters/Evelyn Hockstein)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Luar Negeri Indoneisa (Kemenlu RI) mengumumkan, para pemimpin ASEAN dan Presiden Joe Biden akan bertemu dalam rangka KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat (AS) pada 12-13 Mei 2022 di Washington DC.

"Pertemuan ini akan membahas penganganan pandemi, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global," tulis pernyataan Kemelu RI, Minggu (17/4).

KTT Khusus ASEAN dan AS ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak tahun 2017.

Sebelumnya Presiden Biden hadir pada KTT ASEAN – AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual.

AS merupakan mitra strategis ASEAN. KTT Khusus kali ini, yang sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN – AS, merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut.

"Indonesia saat ini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan AS," kata penyataan tersebut.

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN, AS merupakan mitra dagang kedua terbesar setelah Republik Rayak Tiongkok (RRT) dan sumber investasi utama ke ASEAN dengan nilai investasi USD35 miliar pada tahun 2020.

KEYWORD :

KTT Khusus ASEAN Indonesia Joe Biden Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :