Sabtu, 27/04/2024 00:31 WIB

Bapak dan Anak Tewas saat Berlibur akibat Longsor

Bencana longsor di Blue Mountains, Sdyney, Australia menewaskan dua anggota keluarga asal Inggris, dan melukai dua orang lainnya.

Pemandangan Blue Mountains, Australia (Foto: BBC)

Sydney, Jurnas.com - Bencana longsor di Blue Mountains, Sdyney, Australia menewaskan dua anggota keluarga asal Inggris, dan melukai dua orang lainnya.

Pria berusia 49 tahun dan putranya yang berusia sembilan tahun tewas tertimpa bebatuan. Sementara itu, istri (50) dan putranya berusia 14 tahun dibawa ke rumah sakit dengan luka serius di kepala dan perut. Putrinya (15) dirawat karena syok.

Pihak berwenang mengatakan keluarga itu sedang berlibur di kawasan wisata populer, ketika kecelakaan itu terjadi.

"Sayangnya ada tanah longsor saat mereka sedang berjalan di hutan. Ini pemandangan yang cukup tragis," kata Supt John Nelson dari Kepolisian New South Wales dikutip dari BBC pada Selasa (5/4).

Wanita dan remaja laki-laki itu membutuhkan obat penenang dan intubasi sebelum ditarik ke tempat yang aman, dan diterbangkan ke rumah sakit pada Senin (4/4) kemarin, menurut keterangan paramedis.

"Kami fokus merawatnya sementara perawatan medis terbaik diberikan kepada ibu dan saudara laki-lakinya, dan hanya berusaha mendapatkan dukungan itu untuk anak muda berusia 15 tahun," kata Supt Nelson.

Pihak berwenang harus menunggu hingga Selasa untuk menemukan mayat pria dan anak laki-laki itu, sebab medan bencana "sangat berbahaya".

Rincian para korban, termasuk dari mana mereka berasal di Inggris, belum dirilis pada tahap ini. Kantor Luar Negeri mengatakan pihaknya "memberikan dukungan konsuler kepada keluarga pasangan Inggris dan anak-anak mereka setelah insiden di Australia" dan bahwa pihaknya telah melakukan kontak dengan pihak berwenang setempat.

Seperti sebagian besar pantai timur Australia, Blue Mountains dilanda hujan lebat selama berminggu-minggu. Beberapa jalur pejalan kaki telah ditutup "karena kerusakan banjir dan risiko runtuhan batu yang berkelanjutan", menurut situs web NSW National Parks and Wildlife Service.

Menyusul pemindahan jenazah, Departemen Lingkungan dan Warisan New South Wales mengumumkan bahwa area tersebut akan ditutup untuk umum, hingga pemberitahuan lebih lanjut dan "peninjauan komprehensif" akan dilakukan.

KEYWORD :

Longsor Bencana Alam Australia Blue Mountains




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :