Sabtu, 27/04/2024 01:39 WIB

Korban Tewas Topan Mocha di Myanmar Naik Jadi 81 Orang

Topan Mocha menghantam Myanmar pada Minggu (14/5) dengan kecepatan angin hingga 195 km/jam.

Warga berjalan melewati bangunan yang rusak akibat Topan Mocha di kotapraja Sittwe, Negara Bagian Rakhine, Myanmar, Selasa, 16 Mei 2023. (Foto: AP)

JAKARTA, Jurnas.com - Jumlah korban tewas di Myanmar yang dilanda topan Mocha naik menjadi setidaknya 81 pada Selasa (16/5). Menurut para pemimpin lokal dan media yang didukung junta ratusan rumah hancur dan menunggu bantuan bahan pokok.

Topan Mocha menghantam Myanmar pada Minggu (14/5) dengan kecepatan angin hingga 195 km/jam, menjatuhkan tiang listrik dan menghancurkan kapal nelayan kayu menjadi serpihan.

Sedikitnya 46 orang tewas di desa negara bagian Rakhine Bu Ma dan dekat Khaung Doke Kar, yang dihuni oleh minoritas Muslim Rohingya yang teraniaya, kata pemimpin setempat kepada wartawan AFP di tempat kejadian.

Tiga belas orang tewas ketika sebuah biara runtuh di sebuah desa di kotapraja Rathedaung di utara ibu kota Rakhine, Sittwe, dan seorang wanita meninggal ketika sebuah bangunan runtuh di desa tetangga, menurut penyiar MRTV negara Myanmar.

"Akan ada lebih banyak kematian, karena lebih dari seratus orang hilang," kata Karlo, kepala desa Bu Ma dekat Sittwe.

Di dekatnya, Aa Bul Hu Son, 66, berdoa di makam putrinya, yang jenazahnya ditemukan pada Selasa pagi. "Saya tidak dalam kesehatan yang baik sebelum topan, jadi kami menunda pindah ke tempat lain," katanya kepada AFP.

"Saat kami berpikir untuk bergerak, ombak segera datang dan membawa kami. Saya baru saja menemukan tubuhnya di danau di desa dan segera menguburkannya. Saya tidak dapat menemukan kata-kata untuk mengungkapkan kehilangan saya," sambungnya.

Sembilan orang tewas di kamp Dapaing untuk pengungsi Rohingya di dekat Sittwe, kata pemimpinnya kepada AFP, menambahkan kamp itu terputus dan kekurangan pasokan. "Orang-orang tidak bisa datang ke kamp kami karena jembatan putus. Kami butuh bantuan," katanya.

Satu orang tewas di desa Ohn Taw Chay dan enam di Ohn Taw Gyi, kata para pemimpin dan pejabat setempat kepada AFP.

Media pemerintah melaporkan lima kematian pada Senin, tanpa memberikan rincian. Mocha adalah topan paling kuat yang melanda daerah itu dalam lebih dari satu dekade

China mengatakan bersedia memberikan bantuan darurat bencana. Kantor pengungsi PBB mengatakan sedang menyelidiki laporan bahwa Rohingya yang tinggal di kamp-kamp pengungsian tewas dalam badai tersebut.

Secara luas dipandang sebagai penyusup di Myanmar, Rohingya ditolak kewarganegaraan dan perawatan kesehatannya, dan memerlukan izin untuk bepergian ke luar desa mereka di negara bagian Rakhine barat.

Banyak lainnya tinggal di kamp-kamp setelah mengungsi akibat konflik etnis selama puluhan tahun di negara bagian itu.

Di negara tetangga Bangladesh, para pejabat mengatakan, tidak ada yang tewas dalam topan tersebut. Bangladesh menampung hampir satu juta orang Rohingya yang melarikan diri dari penumpasan militer Myanmar pada tahun 2017.

"Meskipun dampak topan itu bisa jauh lebih buruk, kamp-kamp pengungsi sangat terpengaruh, menyebabkan ribuan orang sangat membutuhkan bantuan," kata PBB saat meminta bantuan mendesak Senin malam.

Topan Mocha yang setara dengan angin topan di Atlantik Utara atau topan di Pasifik Barat Laut, menjadi ancaman rutin dan mematikan di pantai Samudra Hindia bagian utara tempat puluhan juta orang tinggal.

ClimateAnalytics nirlaba mengatakan kenaikan suhu mungkin telah berkontribusi pada intensitas Topan Mocha. "Kita bisa melihat suhu permukaan laut di Teluk Benggala pada bulan lalu jauh lebih tinggi daripada 20 tahun yang lalu," kata Peter Pfleiderer dari kelompok tersebut.

"Lautan yang lebih hangat memungkinkan badai mengumpulkan kekuatan, dengan cepat, dan ini memiliki konsekuensi yang menghancurkan bagi manusia."

Pada Selasa, kontak perlahan dipulihkan dengan Sittwe, yang menampung sekitar 150.000 orang, kata wartawan AFP, dengan jalan dibersihkan dan koneksi internet dibangun kembali.

Foto-foto yang dirilis oleh media pemerintah menunjukkan bantuan yang dikirim ke Rakhine dimuat ke sebuah kapal di pusat komersial Yangon.

Penduduk desa Rohingya mengatakan kepada AFP bahwa mereka belum menerima bantuan apa pun. "Tidak ada pemerintah, tidak ada organisasi yang datang ke desa kami," kata Kyaw Swar Win, 38 tahun, dari desa Basara.

"Kami belum makan selama dua hari. Kami belum mendapatkan apa-apa dan yang bisa saya katakan adalah tidak ada yang datang untuk bertanya."

Sumber: AFP/CNA

KEYWORD :

Topan Mocha Bencana Alam Myanmar Muslim Rohingya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :