Kamis, 02/05/2024 16:45 WIB

Rusia Serang Fasilitas Minyak utama Ukraina

Kremenchuk, 250km (150 mil) tenggara Kyiv di sepanjang Sungai Dnipro, memiliki satu-satunya kilang minyak yang berfungsi penuh di Ukraina.

Asap mengepul setelah penembakan Rusia di Odesa [Petros Giannakouris/AP Photo]

Moskow, Jurnas.com - Serangan Rusia telah menghancurkan kilang minyak di wilayah Poltava tengah dan menyerang infrastruktur penting, kemungkinan besar fasilitas minyak, di dekat kota pelabuhan utama Odesa, kata pejabat setempat.

Kremenchuk, 250km (150 mil) tenggara Kyiv di sepanjang Sungai Dnipro, memiliki satu-satunya kilang minyak yang berfungsi penuh di Ukraina.

Gubernur Poltava, Dmytro Lunin mengatakan di televisi bahwa kilang hancur dalam serangan roket pada Sabtu. "Api di kilang telah padam tetapi fasilitas tersebut telah musnah total dan tidak dapat berfungsi lagi," katanya, seperti dikutip dari Aljazeera.

Penghancuran kilang tidak dapat diverifikasi secara independen. Pabrik tersebut memproses 3,2 juta ton minyak tahun lalu dan kerugiannya bisa menjadi pukulan bagi upaya pertahanan Ukraina.

Beberapa roket juga menghantam Mykolaiv, kata seorang ajudan kementerian dalam negeri.

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, rudalnya telah menghancurkan kilang minyak dan tiga fasilitas penyimpanan bahan bakar di dekat Odesa. Dikatakan mereka telah digunakan oleh Ukraina untuk memasok pasukannya di dekat Mykolaiv.

Perwira Komando Operasi Selatan Ukraina, Vladyslav Nazarov mengatakan di Telegram bahwa telah terjadi serangan rudal terhadap infrastruktur kritis. Dua kolom asap hitam tebal terlihat membubung ke langit kelabu sebelum menyebar ke seluruh kota.

"Semua sistem dan struktur yang relevan berfungsi … Tidak ada korban yang dilaporkan," tambah Nazarov.

Walikota Odesa Gennadiy Trukhanov mengatakan di televisi situasinya terkendali, menambahkan: "Rumah, infrastruktur sipil, atap telah mengalami kerusakan."

Odesa adalah pangkalan utama angkatan laut Ukraina, di samping pelabuhan Laut Hitam Ukraina lainnya seperti Mariupol dan Mykolaiv. Jika diambil, itu akan memberi Rusia koridor darat dari Krimea ke Transnistria, provinsi Moldova yang berbahasa Rusia yang memisahkan diri yang menampung pasukan Rusia.

Vika, seorang warga Odesa yang menolak memberikan nama keluarganya, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa keluarganya terbangun karena ledakan kuat di dekat rumah mereka. "Ada asap, anak-anak panik, jendela ditiup, itu mengerikan," katanya.

Rusia membantah menyerang warga sipil.

Serangan datang terjadi pada saat Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Dendias diharapkan di kota untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada pemerintah kota.

Pasukan Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebut Kremlin sebagai operasi militer khusus untuk demiliterisasi dan denazifikasi tetangganya.

Ukraina dan negara-negara Barat yang mendukungnya menolak hal itu sebagai dalih tak berdasar untuk perang agresi. Ukraina memperkirakan 20.000 orang telah tewas dan lebih dari 10 juta telah mengungsi sejak invasi dimulai.

KEYWORD :

Kilang Minyak Ukraina Invasi Rusia Poltava Odesa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :