Jum'at, 03/05/2024 11:41 WIB

Ponpes Lirboyo Serukan Nahdliyin Kompak Dukung Cak Imin Capres 2024

kesadaran bersama dalam momen penting

Para Kiai dan Masyayih Ponpes Lirboyo berdoa untuk Cak Imin Capres 2024

Kediri, Jurnas.com – Para kiai, sesepuh dan masyayih Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo, Kediri, Jawa Timur mendorong soliditas Nahdliyin untuk mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju sebagai calon presiden (Capres) 2024.

Pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo KH Abdulllah Kafabihi Mahrus mengatakan, langkah Gus Muhaimin yang beken disapa Cak Imin maju sebagai capres yang bukan atas keinginan sendiri, namun atas permintaan kiai dan para gus, sudah sesuai dengan yang diajarkan dalam syariat agama.

"Gus Muhaimin akan maju menjadi capres ini atas permintaan gus-gus (para putra kiai), bukan beliau yang meminta, ini sesuai dengan ajaran syariat,” ujar Kiai Abdulllah Kafabihi Mahrus saat menerima rombongan Gus Muhaimin di Ponpes Lirboyo, Kediri, Selasa malam (8/3/2022).

Menurut Rais Syuriyah PBNU ini, saat ini dari nama-nama kandidat capres yang sudah bermunculan, hanya Cak Imin yang memang benar-benar dari latar belakang Nahdlatul Ulama (NU) tulen.

“Capres yang paling NU ya Gus Muhaimin (Cak Imin Capres 2024). Dari segi nasab dan lain-lain,” ungkapnya.

Kiai Abdulllah Kafabihi Mahrus mengatakan bahwa jumlah jamaah NU ini luar biasa banyak, mencapai ratusan juta. Jika semua bisa bersatu, kompak maka dipastikan akan merebut kemenangan.

"Cuma menyatukannya itu yang sulit. Kalau kita ada kesadaran bersama dalam momen-momen yang penting, kita akan menang. Kekalahan kita karena kita suka berbeda-beda, pecah. Bagaimana kita harus bersatu,” tuturnya.

Menurutnya, akan ada banyak keuntungan jika pemimpin bangsa ini dari kalangan santri NU. ”Mudah-mudahan Gus Muhaimin bisa jadi presiden,” harapnya.

Sementara itu, Pengasuh Utama Ponpes Lirboyo KH Anwar Mansur yang juga Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur menganggap Cak Imin adalah bagian dari keluarga besar Ponpes Lirboyo. Sebab, ayah dari Cak Imin, Kiai Iskandar dulu juga mengenyam pendidikan agama cukup lama di Pesantren Lirboyo.

"Pak Muhaimin ke Lirboyo ini bukan asing karena orangtuanya mondok di Lirboyo. Panjengan sudah lihat Lirboyo kondisinya seperti ini. Dulu Pak Iskandar dangu (lama) di sini bareng sama Pak Sohib,” katanya.

Kiai Anwar Mansur pun mendoakan Cak Imin bisa sukses dalam berjuang di medan politik menjadi Presiden 2024.

”Alhamdulillah kita doakan mudahan-mudahan perjuagan Pak Muhaimin selalu dimudahkan oleh Allah, diberikan perjuangan yang bermanfaat bagi rakyat Indonesia,” tuturnya.

Cak Imin datang didampingi Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar dan jajaran pengurus PKB lainnya, serta para gus yang tergabung dalam Gerakan Nahdliyin Bersatu (GNB). Mereka disambut para kiai, bu nyai, masyayih dan gus-gus di Ponpes Lirboyo.

Sementara itu, Cak Imin mengaku sangat bersyukur bisa melakukan silaturahim kepada para masyayih Ponpes Lirboyo.

Ia juga sampaikan terima kasih, bersyukur bisa sowan, matur dan memohon doa restu dan izin serta dukungan para kiai, masyayih, ibu nyai.

Cucu dari salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri ini mengatakan bahwa langkahnya maju sebagai capres memang atas permintaan para kiai dan gus di Jawa Timur.

Menurutnya, jamaah dan jamiyah NU masih bisa solid, kuat sebagai kelompok politik dari zaman ke zaman. Karenanya, NU dan PKB selalu menjadi penentu keemngan dalam setiap kontestasi pilpres.

”Saya siap jadi capres asal para gus semua maju bergerak menjadi perjuangan bersama. Kalau dilakulan bersama-sama, modal PKB 10 persen menjadi daya tarik kuat dari parpol."

"Saya buktikan sejak dua bulan terakhir, Gerakan Nahdliyin Bersatu (GNB) bergerak cepat, bahkan luar biasa menggalang kekuatan pesantren-pesntren, mengkonsolidir barisan. Alhamdulillah saya bisa melihat keseriusan GNB menuju pilpres. Saya menyebutnya GNB ini: Gus-gus Nekad Bergerak,” katanya.

Dari gairah yang ada, Cak Imin sangat optimistis bisa meneruskan perjuangan yang sudah dirintis para sesepuh NU, termasuk Gus Dur untuk mengelola negara ini. ”Gus Dur telah memimpin reformasi dan melahirkan demokrasi. Sekarang berhasil ada warga NU yang jadi wapres, menteri, wakil ketua DPR, MPR, dan lainnya,” katanya.

Karena itu, Cak Imin berharap terus mendapatkan dukungan dan doa dari para kiai, masyayih agar perjuangan yang tidak mudah ini diberikan kelancaran dan kesuksesan.

KEYWORD :

Ponpes Lirboyo Cak Imin Capres 2024




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :