Sabtu, 27/04/2024 01:45 WIB

RUU PEMILU

Sistem Proporsional, PKB: Suara Rakyat Berharga

PKB mendukung sistem Pemilu yang proporsional. Hal itu untuk mengantisipasi adanya suara pemilih yang hilang atau terbuang begitu saja.

Ketua Pansus RUU Pemilu, Lukman Edy

Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung sistem Pemilu yang proporsional. Hal itu untuk mengantisipasi adanya suara pemilih yang hilang atau terbuang begitu saja.

Anggota Fraksi PKB Lukman Edy mengatakan, tingkat proporsionalitas Pemilu 2019 nanti harus maksimal. Artinya, tidak boleh kemudian ada suara yang terbuang percuma dan tidak menghasilkan kursi.

"Tentu proporsional, suara rakyat kan berharga. Semakin suara itu tidak terbuang maka semakin proporsional," kata Lukman, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (15/12).

Untuk itu, kata Lukman, Pansus RUU Pemilu sedang mengkaji berbagai metode yang tepat untuk mendukung proporsional tersebut. Menurutnya, hal itu untuk mengantisipasi hilangnya suara PKB sebanyak 4 juta suara pada Pemilu yang lalu.

"Berbagai metode dikaji itu bisa dihitung ada indeks-indeksnya dan begitu keluar kita bisa bikin grafik. Itu nanti mempengaruhi kepada sistem BPP, Bilangan Pembagi Pemilih," tegas Ketua Pansus RUU Pemilu itu.

"Kita sudah bikin simulasi-simulasi untuk membandingkan metode-metode itu dan kami PKB pasti akan pilih yang paling proporsional," tegasnya.

KEYWORD :

Pansus RUU Pemilu Sistem Proporsional PKB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :