Rabu, 15/05/2024 21:16 WIB

Rusia vs Ukraina, AS Minta PBB Jangan Cuma Jadi Penonton

Amerika Serikat (AS) mendesak Persekutuan Bangsa-Bangsa (PBB) ikut turun tangan, dalam konflik Rusia vs Ukraina yang saat ini semakin memanas.

Logo PBB (Foto: Beapeacekeeper)

Washington, Jurnas.com - Amerika Serikat (AS) mendesak Persekutuan Bangsa-Bangsa (PBB) ikut turun tangan, dalam konflik Rusia vs Ukraina yang saat ini semakin memanas.

Duta Besar AS untuk PBB, Linda Thomas-Greenfield, mengatakan PBB tidak bisa hanya bertindak sebagai penonton. Apalagi, Moskow telah mengerahkan pasukan dalam jumlah besar ke perbatasan.

Dikutip dari Aljazeera pada Selasa (22/2), Linda mendesak PBB untuk bersatu dan mengutuk langkah Rusia.

"Tidak bisa cuma jadi penonton," tegas Linda. Dia menekankan tindakan Moskow di Ukraina merupakan "serangan terhadap setiap negara anggota PBB dan Piagam PBB".

Sebelumnya, Linda mengatakan dalam pertemuan itu bahwa Putin ingin kembali ke masa lalu atau masa peperangan.

"Putin ingin dunia melakukan perjalanan kembali ke masa lalu, ke masa sebelum Perserikatan Bangsa-Bangsa, ke masa ketika kerajaan menguasai dunia," ujar dia.

"Ini bukan 1919, ini 2022," tutup dia.

Seperti diketahui, Presiden Rusia, Vladimir Putin menandatangani dekrit yang memberi pengakuan terhadap dua wilayah yang memisahkan diri di Ukraina timur sebagai negara merdeka, Senin (21/2).

Dikutip dari Reuters, ia menandatangani dokumen tersebut setelah menyampaikan pidato berapi-apinya yang berlangsung hampir satu jam, di mana ia mengatakan neo-Nazi sedang meningkat, klan oligarki tersebar luas, dan menyebut Ukraina sebagai koloni Amerika Serikat (AS) dengan rezim boneka.

Putin mengatakan, Ukraina adalah negara tanpa tradisi kenegaraan merdeka dan ciptaan buatan pendiri negara Soviet Vladimir Lenin-pernyataan ulang pandangan yang telah ia jelaskan sebelumnya dan ditolak Kyiv sebagai pandangan sejarah yang salah dan mementingkan diri sendiri.

Sejak runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991, katanya, Kyiv telah mengambil keuntungan dari Rusia dan menjadikannya pemerasan ekonomi. Sekarang aspirasinya untuk bergabung dengan NATO menjadi ancaman langsung bagi keamanan Rusia.

KEYWORD :

PBB Amerika Serikat Rusia vs Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :