Sabtu, 27/04/2024 02:23 WIB

Visi Gus Muhaimin Menuju Indonesia Maju Dinilai Visioner

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato awal tahun 2022 bertajuk

Ketum PKB, Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin)

Jakarta, Jurnas.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menyampaikan pidato awal tahun 2022 bertajuk "Peta Jalan Indonesia Maju", Senin (3/1). Visi Muhaimin menuju Indonesia maju tersebut dinilai visioner.

Penilaian itu disampaikan Pengamat politik dari Universitas Gajah Mada, Mada Sukmajati, ketika diminta pandangan terkait pidato awal tahun 2022 Muhaimin Iskandar, Selasa (4/1).

Menurutnya, Gus Muhaimin sapaan akrab Muhaimin Iskandar adalah ketua umum partai politik pertama yang menyampaikan visi menuju Indonesia maju pada awal tahun 2022. Dimana, sejumlah pandangan Muhaimin menuju Indonesia maju tersebut cukup visioner.

"Saya kira perlu direspon pemimpin yang lain bagaimana visi menuju Indonesia maju pada seratus tahun ke depan, sehingga kita bisa menilai dan menentukan calon pemimpin masa depan," kata Mada Sukmajati.

Kata Mada Sukmajati, dari pandangan yang disampaikan Gus Muhaimin, maka Indonesia menuju negara maju saat perayaan 100 tahun Indonesia pada tahun 2045 akan sangat bisa terwujud.

"Kalau kita kaitkan Indonesia 2045 bisa kita lihat seorang Muhaimin bisa mewujudkan. Jika melihat pandangan dan visi yang disampaikan," terangnya.

Untuk itu, kata Mada Sukmajati, peta jalan Indonesia maju versi Gus Muhaimin tersebut perlu direspon oleh sejumlah ketua umum partai politik maupun para calon pemimpin ke depan. Sehingga, publik bisa menilai dan menentukan calon pemimpin yang layak untuk dipilih.

"Kita akan bandingkan dengan pemimpin yang lain bagaimana visi menuju Indonesia maju pada tahun 2045 nanti," tegasnya.

Sebelumnya, Muhaimin menyampaikan, ada tiga hal sederhana yang sering dilupakan agar Indonesia segera melompat menjadi negara maju. Ia menjelaskan, hal pertama yang bisa dilakukan agar Indonesia sejak tahun 2022 ini dapat segera maju adalah adanya kesetaraan dan kemandirian.

"Pertama, Indonesia hanya maju jika setiap individu orang perorang, laki-laki dan perempuan, warga desa, warga kota, kaya dan miskin, semuanya maju, dengan kata lain Indonesia setara, Indonesia mandiri," kata Gus Muhaimin, dalam pidato awal tahun 2022 bertajuk "Peta Jalan Indonesia Maju", Senin (3/1).

Kedua, kata Gus Muhaimin, kebijakan-kebijakan pemerintah harus mampu mendorong dan menciptakan peluang bagi seluruh anak bangsa khususnya kaum muda untuk maju dan mandiri. Sehingga, pemerataan bagi seluruh anak bangsa dari Sabang sampai Marauke bisa dilakukan.

"Kedua, Indonesia bisa maju jika pemerintah dan kebijakan publik mendorong dan menciptakan peluang-peluang agar semua warga dan kaum muda menjadi maju, dengan kata lain inklusif, Indonesia mengayomi, Indonesia merata," terang Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat itu.

Terakhir, Gus Muhaimin menjelaskan, Indonesia hanya bisa maju apabila masa depan bangsa dan negara dapat dijaga dan diamankan.

"Artinya lingkungan hidup tempat kita menyerap udara bersih, tempat kita mendapat air bersih, aman dan terjaga serta terlindungi, dengan singkat Indonesia hijau, Indonesia lestari, Indonesia berkelanjutan," kata Gus Muhaimin.

KEYWORD :

Ketum PKB Muhaimin Iskandar Indonesia Negara Maju Indonesia Raksasa Berkaki Pincang Presiden Jokowi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :