Sabtu, 27/04/2024 08:02 WIB

Stasiun Penelitian di Antartika Dihantam Infeksi Covid-19

Sebuah stasiun penelitian ilmiah Belgia di Antartika (Kutub Selatan) sedang berjuang menangani wabah Covid-19, meskipun para pekerjanya telah divaksinasi sepenuhnya.

Stasiun penelitian di Antartika (Kutub Selatan) milik Belgia (Foto: BBC)

Brussels, Jurnas.com - Sebuah stasiun penelitian ilmiah Belgia di Antartika (Kutub Selatan) sedang berjuang menangani wabah Covid-19, meskipun para pekerjanya telah divaksinasi sepenuhnya.

Sejak 14 Desember 2021, setidaknya 16 dari 25 pekerja di Stasiun Kutub Princess Elisabeth telah terjangkit virus tersebut. Para pejabat mengatakan kasus tetap ringan sejauh ini.

"Situasinya tidak dramatis," kata Joseph Cheek, seorang manajer proyek untuk International Polar Foundation dikutip dari BBC pada Minggu (2/1).

"Meskipun merepotkan karena harus mengkarantina anggota staf tertentu yang tertular virus, itu tidak secara signifikan memengaruhi pekerjaan kami di stasiun secara keseluruhan," tambah Cheek.

"Seluruh penghuni stasiun ditawari kesempatan untuk berangkat dengan penerbangan terjadwal pada 12 Januari. Namun, mereka semua menyatakan keinginannya untuk tinggal dan melanjutkan pekerjaan mereka," lanjut dia.

Berita tentang wabah ini pertama kali dilaporkan dalam judul Belgia Le Soir. Tes positif pertama dicatat pada 14 Desember, di antara tim yang telah tiba tujuh hari sebelumnya.

Mereka dan orang lain yang dinyatakan positif ditempatkan di karantina tetapi virus terus beredar. Staf yang tiba di stasiun harus divaksinasi dan diuji virusnya.

Ada dua dokter darurat yang ditempatkan di stasiun. Untuk sementara, pendatang baru di pos terdepan ditangguhkan sampai virus menghilang.

Stasiun Princess Elisabeth dioperasikan oleh International Polar Foundation dan mulai beroperasi pada tahun 2009. Ini bukan pertama kalinya stasiun penelitian di Antartika terkena dampak wabah virus corona.

Tahun lalu, sejumlah personel militer Chili yang berbasis di stasiun penelitian Bernardo O`Higgins terinfeksi setelah pelaut di kapal pasokan dinyatakan positif terkena virus.

KEYWORD :

Stasiun Penelitian Kutub Selatan Antartika Kasus Covid-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :