Minggu, 05/05/2024 05:48 WIB

Kabar Baik, Kasus Baru COVID-19 di Australia Menurun

Rawat inap meningkat lebih lanjut di New South Wales karena kekhawatiran tumbuh tentang potensi ketegangan pada sistem kesehatan nasional.

Healthcare workers wait for the next vehicle at a COVID-19 testing clinic in Sydney, Australia, Dec 30, 2021. (Photo: Reuters/Nikki Short)

SYDNEY, Jurnas.com - Kasus baru COVID-19 di Australia menurun pada Minggu (2/12) karena pengujian melambat selama liburan akhir pekan, tetapi infeksi tetap lebih dari 30.000.

Dikutip dari Reuters, rawat inap meningkat lebih lanjut di New South Wales karena kekhawatiran tumbuh tentang potensi ketegangan pada sistem kesehatan nasional.

Kasus yang baru didiagnosis di New South Wales, negara bagian terpadat, turun menjadi 18.278 dari 22.577 sehari sebelumnya karena jumlah tes yang dilakukan pada Hari Tahun Baru turun seperempat, angka departemen kesehatan menunjukkan.

Tetapi rawat inap, yang telah diisyaratkan oleh pihak berwenang adalah angka yang mereka pantau lebih dekat daripada jumlah total kasus ketika mereka beralih ke hidup dengan virus, melonjak 18 persen menjadi 1.066.

Di Victoria, jumlah kasus harian tetap di atas 7.000 dan Queensland melaporkan rekor 3.587 kasus baru. "Saat kita memasuki tahun baru, kita memasuki pertempuran baru melawan COVID-19," kata Bendahara Negara Bagian Queensland, Cameron Dick.

"Jika kita dapat memperlambat penyebaran virus, itu menghilangkan tekanan dari sistem kesehatan kita khususnya," katanya, meminta orang-orang untuk divaksinasi dan mendapatkan suntikan booster, memakai masker di dalam ruangan dan bekerja dari rumah jika memungkinkan.

Dengan hanya Australia Barat dan Northern Territory yang masih melaporkan angka pada hari Minggu, penghitungan nasional kasus baru lebih dari 32.200, di bawah rekor hari Sabtu 35.327.

Semua negara bagian Australia, kecuali Australia Barat, telah mulai hidup dengan virus karena tingkat vaksinasi meningkat, dan pelonggaran pembatasan telah mendorong kasus lebih tinggi.

Ada lima kematian yang dilaporkan di New South Wales dan Victoria, sehingga jumlah kematian nasional selama pandemi menjadi hampir 2.260 orang.

KEYWORD :

Kasus COVID-19 Varian Omicron Australia New South Wales




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :