Jum'at, 26/04/2024 12:03 WIB

Kongres PII XXII, Menteri Trenggono: IPTEK Dorong Industri Kelautan

Insinyur memiliki keahlian dalam merekayasa teknik

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono saat acara Kongres Persatuan Insinyur Indonesia di Bali

Denpasar, Jurnas.com - Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono menghadiri secara langsung acara Kongres Persatuan Insinyur Indonesia (PII) XXII di Bali, Jumat (17/12/2021).

Pada kesempatan itu, Menteri KKP Trenggono mengajak para insinyur yang tergabung dalam PII untuk bersama-sama dengan pemerintah menghadirkan percepatan pembangunan sektor kelautan dan perikanan Indonesia.

"Insinyur memiliki keahlian dalam merekayasa teknik dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) yang dapat mendorong tumbuhnya industri perikanan dalam negeri yang ramah lingkungan," ujar Trenggono dikutip akun twitter pribadinya, Sabtu (19/12/2021).

Berdasarkan hasil kajian, jelas Trenggono, potensi total ekonomi sektor kelautan Indonesia mencapai USD 1.338 miliar per tahun. Sedangkan kesempatan lapangan kerja yang dapat dibangkitkan mencapai empat puluh juta orang.

Sementara ekspor perikanan Indonesia baru mampu memenuhi sekitar 3,5 persen dari pangsa pasar dunia.

"Salah satu kunci optimalisasi potensi yang ada adalah dengan mendorong tumbuhnya industri di bidang kelautan dan perikanan di Indonesia yang proses produksinya harus tetap menjaga kelestarian lingkungan," tuntas Sakti Wahyu Trenggono.

KEYWORD :

Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono insinyur industri perikanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :