Senin, 06/05/2024 09:04 WIB

Badan PBB Konfirmasi Rekor Panas Arktik 2020

Verkhoyansk, tempat rekor suhu mencapai 20 Juni 2020, terletak 115 km di utara Lingkaran Arktik, wilayah yang memanas lebih dari dua kali lipat rata-rata global.

Seorang pria menggali garis kendali selama pekerjaan memadamkan kebakaran hutan di dekat desa Magaras di wilayah Yakutia, Rusia 17 Juli 2021. (Roman Kutukov/Reuters)

JENEWA, Jurnas.com - Rekor suhu Arktik lebih dari 38 celcius dicapai di sebuah kota Siberia tahun lalu selama gelombang panas berkepanjangan. Hal itu menyebabkan kekhawatiran luas tentang intensitas pemanasan global.

Verkhoyansk, tempat rekor suhu mencapai 20 Juni 2020, terletak 115 km di utara Lingkaran Arktik, wilayah yang memanas lebih dari dua kali lipat rata-rata global.

Panas ekstrem memicu kebakaran hutan di hutan dan tundra Rusia utara, bahkan memicu lahan gambut yang biasanya tergenang air, dan melepaskan emisi rekor karbon.

"Ada kemungkinan, bahkan kemungkinan besar, bahwa ekstrem yang lebih besar akan terjadi di wilayah Arktik di masa depan," kata Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) dalam sebuah pernyataan, Selasa (14/12).

Penyelidikan itu adalah salah satu dari rekor jumlah investigasi yang telah dibuka badan PBB terhadap cuaca ekstrem ketika perubahan iklim melepaskan badai dan gelombang panas yang tak tertandingi.

Karena catatan Arktik adalah kategori baru, data perlu diperiksa dengan catatan lain sebagai bagian dari proses verifikasi yang kuat yang melibatkan jaringan sukarelawan.

Rekor tersebut sekarang menjadi entri resmi di Arsip Cuaca & Iklim Ekstrem Dunia, semacam Rekor Dunia Guinness untuk cuaca yang juga mencakup hujan es terberat dan kilatan petir terpanjang.

Badan tersebut telah memiliki kategori untuk Antartika dan harus membuat kategori baru untuk Kutub Utara setelah penyerahan pada tahun 2020 - salah satu dari tiga tahun terpanas dalam catatan.

Komite WMO juga memverifikasi catatan panas potensial lainnya, termasuk di Death Valley di California pada 2020 dan di pulau Sisilia Italia tahun ini. (Reuters)

KEYWORD :

Rekor Suhu Arktik Verkhoyansk Siberia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :