Jum'at, 03/05/2024 11:44 WIB

PM Selandia Baru

Tiba-Tiba John Key Mengundurkan Diri

Key mengatakan dalam sebuah konferensi pers mingguan di Wellington, menyebutkan alasan keluarga atas kepergiannya.

John Key, Perdana Menteri Selandia Baru Mendadak mengundurkan diri dengan alasan keluarga

Wellington - Perdana Menteri Selandia Baru,  John Key secara tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya dan mengatakan bahwa keputusan itu butuh waktu yang tepat untuk keluar dari perpolitikan setelah menjabat lebih dari delapan tahun.

Key mengatakan dalam sebuah konferensi pers mingguan di Wellington, menyebutkan alasan keluarga atas kepergiannya. "Tidak mungkin saya dapat menjabat sepenuhnya dalam masa jabatan yang keempat," ujar Key.

setelah mundur ini, dia tidak memiliki rencana ke depan dalam waktu dekat ini. Namun kepada para wartawan, dia akan berada dalam parlemen cukup lama untuk menghindari  penunjukan orang langsung pengganti jabatannya.

"Saya rasa dalam realitanya jika saya menjabat enam bulan atau secara penuh, saya tidak akan dapat menghindari diri saya akan menghadap kamera," ujar Key dilansir Reuters.  

Key, mantan penyedia pertukaran asing yang bekerja di sejumlah perusahaan seperti Merrill Lynch, mendapatkan kedudukannya untuk Partai Nasional pada 2008, mengakhiri pemerintahan Helen Clark dari Partai buruh.

Dia mendapatkan pujian atas kinerjanya terkait perekonomian senilai 170 miliar dolar AS pasca krisis finansial global dan dua gempa bumi di sekitar Christchurch.

Kaukus Partai Nasional akan mengadakan pertemuan pada 12 Desember mendatang untuk menunjuk pemimpin partai dan perdana menteri yang baru. Key mengatakan bahwa dia akan memilih wakilnya yang merangkap sebagai menteri keuangan Bill English untuk meneruskan kedudukannya.

KEYWORD :

John Key Mundur Selandia Baru




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :