Sabtu, 27/04/2024 03:26 WIB

Australia Vaksinasi COVID-19 Anak di Bawah 12 Tahun Awal Tahun

Regulator medis masih meninjau data kesehatan dan keselamatan untuk vaksinasi yang akan diberikan untuk anak-anak antara usia lima dan 11 tahun dan tidak mungkin untuk memutuskan tahun ini.

Ilustrasi pusat vaksin. Reuters/Fiona Goodall

MELBOURNE, Jurnas.com - Pemerintah Australia kemungkinan akan mulai memberikan vaksin COVID-19 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun pada Januari 2021.

Menteri Kesehatan Australia, Greg Hunt mengatakan, regulator medis masih meninjau data kesehatan dan keselamatan untuk vaksinasi yang akan diberikan untuk anak-anak antara usia lima dan 11 tahun dan tidak mungkin untuk memutuskan tahun ini.

"Harapan yang mereka tetapkan adalah bagian pertama Januari, mudah-mudahan awal Januari. Tapi kemungkinan bisa secepat mungkin," kata Hunt kepada program Insiders Australian Broadcast Corporation pada Minggu (14/11).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS bulan ini merekomendasikan suntikan Pfizer Inc/BioNTech SE untuk penggunaan luas pada kelompok usia lima hingga 11 tahun, setelah disahkan oleh Food and Drug Administration.

Letnan Jenderal Angkatan Darat John Frewen, komandan Gugus Tugas COVID-19 Australia mengatakan kepada surat kabar The Age bahwa Australia telah mengamankan pasokan yang diperlukan. "Kami sebenarnya telah membeli pasokan yang cukup untuk dosis dan booster ke bayi," kata Frewen.

Pada Jumat, Australia melewati batas 90 persen dosis tunggal untuk mereka yang berusia 16 tahun ke atas, dengan 83 persen memiliki dua suntikan. Negara ini juga telah memvaksinasi 57,7 persen anak-anak antara usia 12 dan 15, menurut data kementerian kesehatan.

Tingkat vaksinasi yang tinggi di Australia adalah kunci dari keputusannya untuk membuka kembali sebagian perbatasan internasional bulan ini untuk pertama kalinya sejak awal pandemi, meskipun wabah varian Delta sedang berlangsung di negara bagian terpadat, New South Wales dan Victoria.

Pada Minggu, ada 1.100 infeksi yang dilaporkan di kedua negara bagian, rumah bagi hampir 60 persen populasi negara itu. Lima orang lagi meninggal.

Namun, terlepas dari wabah Delta yang menyebabkan penguncian berbulan-bulan di dua kota terbesar, Sydney dan Melbourne, penghitungan nasional hanya 191.000 infeksi dan 1.596 kematian jauh lebih rendah daripada banyak negara maju lainnya.

Tetangga Selandia Baru, yang juga belajar hidup dengan virus corona melalui tingkat vaksinasi yang tinggi, melaporkan 207 kasus baru dan satu kematian, sehingga jumlah total kasus yang dikonfirmasi sejak awal pandemi menjadi 8.331 infeksi dan 34 kematian. (Reuters)

KEYWORD :

Australia Vaksinasi COVID-19 Anak di Bawah 12 Tahun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :