Selasa, 07/05/2024 07:27 WIB

Terancam Degradasi, Aston Villa Pecat Dean Smith

Sempat mencatatkan hasil positif di awal musim 2021/2022, Aston Villa kini tergelincir ke peringkat bawah, hingga hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

Dean Smith (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Dean Smith resmi dipecat sebagai pelatih Aston Villa, menyusul lima kekalahan beruntun klub di Liga Premier. Padahal pelatih 50 tahun itu pernah memimpin Villa dari divisi Championship ke liga papan atas pada musim 2018-2019.

Sempat mencatatkan hasil positif di awal musim 2021/2022, Aston Villa kini tergelincir ke peringkat bawah, hingga hanya berjarak dua poin dari zona degradasi.

"Ketika Dean bergabung dengan kami pada Oktober 2018 tim kami benar-benar berjuang di Championship. Dia segera mengubah atmosfir dan penampilan dan mencapai kesuksesan akhir memimpin Villa kembali ke Liga Premier dalam musim yang sama, suatu prestasi yang langka," kata CEO Villa, Christian Purslow dikutip dari Goal pada Sabtu (7/11).

"Dia kemudian mengamankan tempat kami di Liga Premier setelah kampanye yang sulit dan membawa kami ke final piala di Wembley," sambung dia.

"Namun, setelah awal yang baik untuk musim lalu, tahun ini kami belum melihat peningkatan berkelanjutan dalam hasil, penampilan, dan posisi liga yang kami semua cari. Untuk alasan ini kami telah memutuskan untuk membuat perubahan sekarang untuk memberikan waktu bagi pelatih kepala baru untuk membuat dampak."

"Dewan ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Dean atas banyak pencapaiannya yang luar biasa, di dalam dan di luar lapangan, selama ini," lanjut dia.

Selama tiga tahun bersama Villa, Smith memimpin 139 pertandingan. Dia mengoleksi 55 kemenangan namun juga menderita 56 kekalahan. Villa mengumumkan pencarian manajer baru telah dimulai.

Smith menjadi pelatih Liga Premier kelima yang kehilangan pekerjaannya musim ini, setelah Steve Bruce, Xisco Munoz, Daniel Farke dan Nuno Espirito Santo masing-masing telah berpisah dengan Newcastle, Watford, Norwich dan Tottenham Hostpurs.

KEYWORD :

Dean Smith Aston Villa Liga Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :