Jum'at, 26/04/2024 10:26 WIB

Jen Psaki, Sekretaris Pers Gedung Putih Tertular COVID-19

Psaki mengatakan, terakhir melakukan kontak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Selasa, di Gedung Putih.

Gedung Putih (Foto: Via IRNA)

WASHINGTON, Jurnas.com - Sekretaris Pers Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan telah tertular COVID-19 dan mengalami gejala ringan.

Dalam sebuah pernyataan pada Minggu, Psaki mengatakan, terakhir melakukan kontak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Selasa, di Gedung Putih. Mereka terpisah lebih dari 6 kaki dan mengenakan masker.

Biden, yang sering dites, terakhir kali dites negatif pada Sabtu, menurut Gedung Putih.

Psaki, 42, tidak menemani Biden dalam perjalanannya ke luar negeri ke Roma akhir pekan ini untuk KTT Kelompok 20 dan Glasgow, Skotlandia, pada Senin untuk KTT iklim PBB.

Psaki mengatakan dia telah merencanakan untuk bepergian dengan presiden tetapi membatalkan perjalanan tepat ketika dia akan berangkat ke Eropa setelah mengetahui bahwa anggota keluarganya telah dinyatakan positif COVID-19.

“Sejak itu saya dikarantina dan dinyatakan negatif (melalui PCR) COVID pada Rabu, Kamis, Jumat, dan Sabtu,” kata Psaki dalam keterangannya. "Namun, hari ini, saya dinyatakan positif COVID."

Psaki, yang divaksinasi lengkap, mengatakan dia hanya menunjukkan gejala ringan.

“Meskipun saya tidak melakukan kontak dekat secara langsung dengan Presiden atau anggota senior staf Gedung Putih sejak Rabu – dan dinyatakan negatif selama empat hari setelah kontak terakhir itu – saya mengungkapkan hasil tes positif hari ini dari transparansi yang melimpah,” kata sekretaris pers.

Staf Gedung Putih dan orang lain yang bepergian dengan presiden telah menjalani tes harian untuk COVID-19 sejak sebelum meninggalkan Washington, DC, dan semuanya telah divaksinasi sepenuhnya. Banyak pejabat juga menerima suntikan booster karena lingkungan jarak dekat dan sering bepergian terkait dengan pekerjaan mereka.

Biden mendapatkan booster COVID-19 pada 27 September, tak lama setelah regulator federal menyetujui dosis ketiga untuk banyak orang Amerika.

Biden telah ditemani dalam perjalanan itu oleh Wakil Sekretaris Pers Utama Karine Jean-Pierre.

Psaki adalah orang paling terkenal di pemerintahan Biden yang diketahui telah tertular COVID-19 sejak ia menjabat pada Januari.

Dia mengatakan dia akan kembali bekerja secara langsung setelah karantina 10 hari dan setelah tes cepat negatif.

KEYWORD :

Jen Psaki Sekretaris Pers Gedung Putih COVID-19 Joe Biden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :