Rabu, 15/05/2024 18:37 WIB

Mulai Dilupakan, Seni Wayang Beber Gunungkidul Direvitalisasi

Kepala Badan Bahasa Yogyakarta, Imam, menjelaskan cara pementasan wayang beber berbeda dengan wayang kulit, karena unsur pedalangannya memiliki kekhasan.

Wayang geber di Gunungkidul, Yogyakarta (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Dalam dunia perwayangan, wayang kulit dan wayang orang sudah lazim dikenal oleh masyarakat Indonesia. Namun ada jenis pertunjukan yang sudah mulai dilupakan, yaitu wayang beber yang mengambil cerita Panji.

Kepala Badan Bahasa Yogyakarta, Imam, menjelaskan cara pementasan wayang beber berbeda dengan wayang kulit, karena unsur pedalangannya memiliki kekhasan.

Wayang beber disajikan dalam lembaran kain yang bergambar lakon-lakon wayang dengan cerita Panji. Lembaran tersebut dibentangkan atau dibeber dalam bahasa Jawa (semula digulung) supaya penonton dapat melihat gambar dalam cerita Panji itu.

"Bentangan kain tersebut ujung kanan kirinya diberi sebilah kayu panjang sebagai penegang kain yang ditancapkan di sebilah kayu panjang. Dalang kemudian menceritakan gambar-gambar tersebut sambil menunjuk gambar dengan sebilah kayu kecil," terang Imam.

"Setiap satu lembar gambar menceritakan satu episode cerita Panji. Setiap selesai satu episode lembaran tersebut digulung lagi dan dimasukkan dalam kotak penyimpanan. Di belakang dalang ada pembantu dalang. Pementasan diiringi oleh sinden dan penabuh gamelan yang kurang lebih berjumlah lima orang," sambung dia.

Saat ini Wayang Beber yang dipercaya masih ada dan mempertahankan bentuk pedalangan serta cerita asli Panji terdapat dan tersimpan di dua tempat, yaitu di Desa Kedombol, Karang Talun, Pacitan, Jawa Tengah (Jaka Kembang Kuning) dan Dusun Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, DIY (Remeng Mangunjaya).

Menyikapi fenomena ini, melakukan upaya perlindungan lewat revitalisasi sastra lisan, dengan mefokuskan kajian pada wayang beber yang mengangkat cerita Panji.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memunculkan generasi baru yang mampu memainkan wayang beber," papar dia.

KEYWORD :

Wayang Geber Gunungkidul Badan Bahasa Yogyakarta Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :