Jum'at, 26/04/2024 10:33 WIB

Indonesia Bangkit, Sandiaga Uno Pengunjung Pertama ke Desa Wisata Nglanggeran

Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta, Sandiaga Uno disambut tarian reog.

Menparekraf Sandiaga Uno saat di Desa Desa Wisata Nglanggeran, Gunung Kidul, Yogyakarta. (Foto: Jurnas/Ist).

Yogyakarta, Jurnas.com- Menteri Pariwsata dan ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjadi pengunjung pertama ke Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, D.I Yogyakarta, usai tutup selama pandemi Covid-19 selama hampir satu tahun setengah. Desa Wisata ini memiliki wisata edukasi berbasis wisata alam, budaya dan edukasi dari kearifan Gunung Api Purba. Desa Wisata Nglanggeran pernah dinobatkan sebagai Desa Wisata Terbaik ASEAN tahun 2017 dengan konsep CBT (Community Based Tourism).

Ia bersama rombongan disambut oleh tarian reog khas Nglanggeran. Sandi juga menikmati tarian reog yang dibawakan oleh warga Desa Nglanggeran yang rata-rata berprofesi sebagai petani. Hanya diwaktu senggang mereka ikut berkesenian dengan tampil di Desa Wisata. Diakhir tarian Sandiada Uno mengucapkan terima kasih atas sambutannya. Sebagai apresiasi Sandi juga memberikan saweran kepada 15 orang penari tersebut.

“Saya ucapkan terima kasih, dan saya juga mau bilang mohon bersabar karena sebentar lagi semua wisata akan dibuka. Sehingga ekonomi desa akan kembali normal,” katanya usai menari.

Sandi yang akhir-akhir ini akrab disapa Mas Menteri dan memilki hobi olah raga diajak untuk trecking Gunung Api Purba dengan menaiki 100 anak tangga dan melihat sejarah yang tersimpan didalamnya. Ia lalu turun dan menuju ke area Embung Nglanggeran menggunakan PaJeRo (Panas Njebo Njero) yang merupakan alat transportasi wisata khas Nglanggeran sama seperti kendaraan yang ada di film “Thilik, Ibu Tejo yang sempat viral tahun lalu”.

Dikatakannya, kalau Desa Wisata Nglanggeran ini menjadi perwakilan Indonesia dalam ajang Internasional Best Tourism Village yang digelar Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO). Bahkan sebelum menjadi nominasi ajang UNWTO, Desa Wisata Nglanggeran telah meraih banyak penghargaan baik nasional maupun internasional, salah satunya ialah terpilih menjadi desa wisata berkelanjutan terbaik dalam ajang yang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama 12 desa wisata yang lain di Indonesia.

“Saya meminta Prof Azriel selaku dewan Juri ADWI untuk membina dan mendukung Desa ini di UNWTO go internasional,” tukasnya.

KEYWORD :

Desa Nglanggeran Sandiaga Uno




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :