Sabtu, 27/04/2024 07:17 WIB

Berbulan-bulan Ditunda, Afghanistan Bakal Keluarkan Pasport Lagi

Afghanistan akan mulai mengeluarkan paspor untuk warganya lagi hari ini, setelah berbulan-bulan penundaan

Warga Afghanistan meneriakkan slogan-slogan selama demonstrasi anti-Pakistan, dekat kedutaan Pakistan di Kabul, Afghanistan, 7 September 2021. (Foto: AP/Wali Sabawoon)

Jakarta, Jurnas.com - Afghanistan akan mulai mengeluarkan paspor untuk warganya lagi hari ini, setelah berbulan-bulan penundaan yang menghambat upaya oleh mereka yang mencoba melarikan diri dari negara itu setelah Taliban merebut kendali pada Agustus lalu.

Proses itu, yang telah melambat bahkan sebelum gerilyawan Islam kembali berkuasa setelah penarikan pasukan AS, akan memberi pemohon dokumen yang secara fisik identik dengan yang dikeluarkan oleh pemerintah sebelumnya.

Alam Gul Haqqani, penjabat kepala kantor paspor, mengatakan kepada wartawan di Kabul bahwa antara 5.000 dan 6.000 paspor harus dikeluarkan setiap hari, dengan perempuan dipekerjakan untuk memproses yang dimaksudkan untuk warga negara perempuan.

Juru bicara kementerian dalam negeri Qari Sayeed Khosti mengatakan kepada pengarahan bahwa 25.000 pelamar telah mencapai tahap akhir pembayaran paspor mereka, dengan sekitar 100.000 aplikasi dalam tahap awal proses tertunda. (Malaymail)

KEYWORD :

Pasport Afghanistan Kelompok Taliban Warga Migran




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :