Jum'at, 26/04/2024 11:07 WIB

Studi di Italia Tunjukkan Vakin COVID-19 Kurang Efektif pada Pasien dengan Gangguan Kekebalan

Sisanya 70 persen menanggapi vaksin, terutama setelah dosis kedua, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada orang sehat dan dengan perbedaan dari kelompok ke kelompok.

Botol berlabel vaksin AstraZeneca, Pfizer - Biontech, Johnson&Johnson, Sputnik V coronavirus disease (COVID-19) terlihat dalam gambar ilustrasi yang diambil pada 2 Mei 2021. (Foto: Reuters/Dado Ruvic)

Milan, Jurnas.com - Vaksin COVID-19 kurang efektif pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah. Tiga penelitian kecil di Italia menunjukkan, yang menurut para peneliti studi menyoroti kebutuhan untuk menggunakan booster vaksin untuk kelompok orang yang rentan ini.

Dikutip dari Reuters, Rumah Sakit Bambino Gesu di Roma, yang melakukan tiga penelitian kecil, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Senin (4/9) bahwa rata-rata, 30 persen pasien immunocompromised tidak mengembangkan kekebalan terhadap virus setelah vaksinasi.

Sisanya 70 persen menanggapi vaksin, terutama setelah dosis kedua, tetapi pada tingkat yang lebih rendah daripada orang sehat dan dengan perbedaan dari kelompok ke kelompok.

Penelitian dilakukan di antara kelompok 21 pasien dengan penyakit defisiensi imun primer, 34 anak-anak dan dewasa muda yang menjalani transplantasi jantung dan paru-paru, dan 45 orang muda dengan transplantasi hati dan ginjal.

Hasil menunjukkan perlunya meningkatkan tingkat perlindungan yang paling rentan dengan dosis booster, kata rumah sakit.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa sangat penting untuk melindungi kategori yang paling rapuh dengan memberikan dosis ketiga vaksin, mengkalibrasi dosis atau menggunakan formulasi vaksin adjuvant baru yang mampu meningkatkan respons imun terhadap virus dan mempertahankannya dari waktu ke waktu," kata Profesor Paolo Palma, kepala imunologi klinis dan vaksinologi di Bambino Gesu.

Temuan itu muncul ketika Badan Obat Eropa (EMA) diperkirakan akan mengumumkan pada hari Senin keputusannya tentang apakah akan merekomendasikan dosis ketiga vaksin.

Tidak ada konsensus di antara para ilmuwan tentang seberapa luas booster harus digunakan. Amerika Serikat, Inggris dan Israel telah meluncurkan program booster, tetapi hanya Israel yang memberikan suntikan tambahan kepada seluruh penduduk.

Respons serologis terhadap vaksin, yang menunjukkan jumlah antibodi yang ada dalam darah, dan respons seluler - keberadaan limfosit T spesifik SARS-CoV-2 - keduanya dianalisis dalam ketiga penelitian.

Data kemudian dibandingkan dengan kelompok kontrol orang sehat, yang menerima vaksinasi COVID-19 selama periode yang sama.

KEYWORD :

Studi di Italia Vakin COVID-19 Gangguan Kekebalan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :