Jum'at, 26/04/2024 10:04 WIB

Taliban Segera Diizinkan Anak Perempuan Afghanistan Kembali ke Sekolah

Hal itu disampaikan setelah mengumumkan posisi yang tersisa di kabinetnya yang seluruhnya laki-laki.

Gadis-gadis Afghanistan terlihat seperti sekolah di Kabul, Afghanistan, 18 September 2021. (Kantor Berita Asia Barat via Reuters)

Kabul, Jurnas.com - Taliban mengatakan, anak perempuan di Afghanistan akan diizinkan kembali ke sekolah sesegera mungkin. Hal itu disampaikan setelah mengumumkan posisi yang tersisa di kabinetnya yang seluruhnya laki-laki.

"Kami sedang menyelesaikan banyak hal ... itu akan terjadi sesegera mungkin," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid tentang pendidikan anak perempuan, dikutip dari AFP, Selasa (21/9).

Itu terjadi setelah kementerian pendidikan memerintahkan guru dan siswa laki-laki kembali ke sekolah menengah pada akhir pekan, tetapi tidak menyebutkan pendidik perempuan dan murid perempuan di negara itu.

Mujahid juga tidak mengacu pada kementerian urusan perempuan yang sekarang ditutup, yang ditutup pekan lalu dan diganti dengan departemen yang terkenal karena menegakkan doktrin agama selama rezim Taliban sebelumnya.

"Posisi-posisi ini dianggap penting untuk berfungsinya Emirat," katanya saat mengumumkan penunjukan kabinet terakhir, termasuk penambahan kementerian kesehatan.

Penunjukan pertama untuk pemerintah sementara Taliban diumumkan awal bulan ini - diambil secara eksklusif dari jajaran loyalis, dengan garis keras yang mapan di semua pos kunci, meskipun sebelumnya telah dijanjikan pemerintahan inklusif untuk semua warga Afghanistan.

KEYWORD :

Taliban Afghanistan Anak Perempuan Sekolah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :