Sabtu, 27/04/2024 01:39 WIB

Mantap! Menperin Acungi Jempol Produsen Swab Antigen Dalam Negeri Tembus Pasar Ekspor

Kita sudah bisa memproduksi alat Swab Antigen hasil kerja keras anak bangsa,

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (ketiga dari kanan) didampingi Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan (ketiga dari kiri), Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing (kedua dari kanan), Direktur Utama PT Indofarma Global Medika, Emi Nuel (kanan), Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Milton Pakpahan (kedua dari kiri) dan Dirjen Ilmate Kemenperin, Taufik Bawazier (kiri), saat meninjau sekaligus meresmikan ekspor perdana produk antigen dalam negeri PT Taishan A

Jakarta, Jurnas.com - Selain memenuhi kebutuhan alat kesehatan (Alkes) berupa swab antigen dalam negeri, ternyata PT Taishan Alkes Indonesia juga mampu mengekspor produk untuk mengetes pandemi Covid-19 itu ke manca-negara.

Sepak terjang PT Taishan Alkes Indonesia ini pun mendapat acungan jempor Pemerintah, seperti disampaikan Menteri Perindustrian (Menoerin) Agus Gumiwang Kartasasmita saat meresmikan ekspor perdana produk swab antigen dalam negeri PT Taishan Alkes Indonesia ke Irlandia dan Thailand, di Jakarta, Selasa, (7/9/2021). 

“Kedatangan saya di PT Taishan Alkes Indonesia ini ada makna penting yakni, memberikan dukungan dan juga menyampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahwa kita sudah bisa memproduksi alat Swab Antigen hasil kerja keras anak bangsa,” kata Agus Gumiwang.

Agus Gumiwang menilai ekspor alkes oleh PT Taishan Alkes Indonesia adalah prestasi luar biasa bagi karya anak-anak bangsa.

“Saya bangga PT Taishan Alkes Indonesia bisa ekspansi artinya produknya bagus dan diterima manca negara," tehasnya.

Selaku Menteri Perindustrian, Agus mengaku bangga kepada PT Taishan Alkes Indonesia yang concern dalam membantu pemerintah terkait penanggulangan Covid-19 di dalam negeri, sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

“Saya bangga ada produsen alkes dalam negeri bisa mempekerjakan hingga ribuan pekerja. Ini bisa menjadi contoh bagi para produsen dalam negeri lainnya,” harapnya.

Lebih dari itu, Agus Gumiwang sangat mengapresiasi karena PT Taishan Alkes Indonesia juga memenuhi, bahkan melampaui syarat penggunaan komponen dalam negeri. 

“Produk alat swab antigen PT Taishan Alkes Indonesia saya lihat sudah melampaui 40 persen TKDN yakni 48 persen, maka kementerian dan lembaga wajib membelinya,” tegasnya.

Karena sudah melampaui TKDN, lanjut Agus Gumiwang, pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung penuh produsen alkes dalam negeri.

Ia memastikan Pemerintah akan selalu utamakan penggunaan produk dalam negeri. Jadi kalau sudah ada produk dalam negeri yang TKDN lebih dari 40 persen, pemerintah bisa mentake-down produk luar negeri dari e-catalog.

"Tapi dengan syarat produk dalam negeri bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri,” tuturnya.

Dalam kunjungannya ke PT Taishan Alkes Indonesia, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita didampingi, Dirjen Ilmate Kemenperin, Taufik Bawazier, Komisaris PT Taishan Alkes Indonesia, Cahyadi Burhan dan Milton Pakpahan, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia Eiko Sihombing serta Direktur Utama PT Indofarma Global Medika, Emi Nuel salah satu mitra utama PT Taishan Alkes Indonesia.

Di tempat yang sama, Dirut PT Taishan Alkes Indonesia, Eiko Sihombing mengatakan Taishan Alkes Indonesia akan melakukan ekspor perdana Indoswab Covid-19 Antigen Rapid Test Cassette ke negara Irlandia dan akan dilanjutkan dengan ekspor kedua ke negara Thailand.

Produk ekspor dengan label Indoswab, menurut Eiko Sihombing, hal ini untuk mengharumkan nama Indonesia di mancanegara."Bahkan kami sengaja sengaja mendesign box, memberikan nama, mendesign warna casing merah putih yang sangat identik dengan negara kita, Indonesia," ujarnya.

“Dengan diterimanya produk kami di negara Irlandia dan Thailand, masyarakat setempat bisa concern dan tahu atas adanya kehadiran karya anak-anak bangsa ini yang kaya akan kreativitas," tandas Eiko Sihombing. 

KEYWORD :

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang PT Taishan Alkes Indonesia Swab Antigen ekspor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :