Jum'at, 26/04/2024 13:54 WIB

Tarif Tes Antigen Bandara AP II Rp85 Ribu, LSM Mandiri 21: Kalau Bisa Turun Lagi

Syarat menggunakan test antigen dengan harga yang sekarang cukup membebani

Brahim Rahmanto, Direktur Eksekutif LSM Masyarakat Mandiri 21

Jakarta, LiraNews - Farmalab selaku pengelola Airport Health Center di bandara PT Angkasa Pura II (Persero), menurunkan tarif test antigen untuk skrining Covid-19 dari Rp99.000 menjadi Rp85.000.

Direktur Eksekutif LSM Masyarakat Mandiri 21, Brahim Rahmanto, menilai penurunan itu sangat baik dan perpihak pada masyarakat.

Brahim bahkan meminta, tarif test antigen kalau bisa diturunkan lagi. Termasuk tarif pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang baru ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan sebesar Rp495 ribu untuk pulau Jawa dan Bali, serta Rp525 ribu untuk luar pulau Jawa dan Bali.

"Syarat menggunakan test antigen dengan harga yang sekarang cukup membebani," kata Brahim dalam keterangannya, Sabtu (4/9/2021).

Ia mengingatkan agar test antigen ini benar-benar dikontrol oleh pihak pelayanan kesehatan. Jangan sampai ada lagi oknum-oknum tertentu mencari keuntungan dengan mengedarkan alat test antigen ilegal.

"Diharapkan pula secara bertahap tidak perlu adanya rapid test lagi dan tentu hal ini harus berkodinasi dengan pihak departemen kesehatan dan pihak-pihak yang terkait," lanjutnya.

Diketahui, penurunan tarif test antigen Rp85.000, berlaku pada 2 September 2021, di Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang) dan Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Kemudian, penurunan tarif di bandara lainnya berlaku mulai 4 September 2021 yakni di Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) Sultan Iskandar Muda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang).

Selanjutnya, di Bandara Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang), Silangit (Tapanuli Utara), Kertajati (Majalengka), Banyuwangi (Banyuwangi), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Radin Inten II (Lampung), H.A.S Hanandjoeddin (Tanjung Pandan), Fatmawati Soekarno (Bengkulu), dan Jenderal Besar Soedirman (Purbalingga).

"Sementara itu, dari mulai tanggal berlakunya penurunan tarif di Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Minangkabau (Padang) dan Halim Perdanakusuma (Jakarta) akan diumumkan dalam waktu dekat," kata VP of Corporate Communication AP II Yado Yarismano, melalui siaran pers, Kamis (2/9/2021)

KEYWORD :

PT Angkasa Pura II tes antigen Brahim Rahmanto RT-PCR




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :