Sabtu, 27/04/2024 06:27 WIB

Restoran Inggris Sediakan Makanan Gratis untuk Ratusan Pengungsi Afghanistan

Sebuah restoran Palestina di Didsbury, Manchester, membuat 900 makanan untuk para pengungsi Afghanistan dan mengantarkannya ke bandara saat mereka mendarat.

Orang-orang yang diyakini baru saja tiba dari Afghanistan berdiri di halaman sebuah hotel dekat Bandara Manchester pada 25 Agustus 2021 di Manchester, Inggris [Christopher Furlong/Getty Images]

Jakarta, Jurnas.com - Sebuah restoran Palestina di Didsbury, Manchester, membuat 900 makanan untuk para pengungsi Afghanistan dan mengantarkannya ke bandara saat mereka mendarat.

Ali Yousef dan istrinya Aisha, yang ikut mendirikan Baity, bekerjasama dengan Islamic Relief untuk membuat ayam tujuh bumbu, nasi safron, dan kacang hijau mentega, setelah menerima panggilan telepon yang mengatakan bahwa satu pesawat penuh pengungsi akan akan tiba di bandara Manchester.

"Pekerjaan kami tidak memiliki keterlibatan politik atau institusional. Kami bermitra dengan Islamic Relief untuk membantu. Saya seorang Palestina dan keluarga saya meninggalkan Kuwait ketika Saddam Hussein menyerbu pada 1990-an. Kami menjalani proses suaka di Inggris. Ini berjalan dalam identitas saya," kata Ali dilansir Middleeast, Rabu (01/09).

"Kami memiliki pengalaman dan koneksi bersama. Karena begitu dekat dengan rumah, saya merasa memiliki kewajiban untuk membantu mereka yang menderita sekarang."

Awal bulan ini pemerintah mengumumkan akan menerima 20.000 pengungsi Afghanistan melalui program pemukiman kembali resmi saat video beredar menunjukkan ribuan warga Afghanistan mencoba naik pesawat saat Kabul jatuh ke tangan Taliban .

Pekan lalu dua ledakan dilaporkan di bandara menewaskan sedikitnya 95 orang dan melukai 150 lainnya.

Skema ini berjalan paralel dengan kebijakan relokasi dan bantuan Afghanistan (ARAP) di mana warga Afghanistan yang bekerja untuk tentara Inggris dan pemerintah Inggris di Afghanistan akan memenuhi syarat untuk relokasi.

Kritikus mengatakan bahwa janji Inggris untuk pemukiman kembali tidak cukup . Yang lain telah masuk, termasuk Airbnb, yang mengatakan akan menyediakan perumahan sementara bagi 20.000 pengungsi Afghanistan di seluruh dunia.

Badan-badan amal telah memperingatkan bahwa banyak warga Afghanistan akan menggunakan rute yang tidak teratur, misalnya dengan sampan melintasi Selat dan bahwa mereka akan didorong ke pelukan para penyelundup.

Sekitar 14.000 telah dievakuasi oleh pasukan Inggris dari negara itu dalam waktu kurang dari dua minggu dan dikarantina di hotel-hotel dekat bandara. Wanita hamil dan anak kecil datang tanpa membawa apa-apa atau hanya membawa tas kecil dengan sedikit barang bawaan.

Sekitar 114.000 orang secara total telah dievakuasi dari Afghanistan sejak 14 Agustus.

KEYWORD :

Restoran Inggris Pengungsi Afghanistan Kelompok Taliban




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :