Jum'at, 03/05/2024 12:31 WIB

Tol Serang-Panimbang Percepat Pembangunan KEK Tanjung Lesung

Jalan Tol Serang-Panimbang akan dilengkapi gerbang tol keluar ke Rangkasbitung sehingga akan turut mendorong perekonomian dan kesejahteraan di wilayah Rangkasbitung.

Jalan Tol Serang-Panimbang. (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Pengamat infrastruktur Yayat Supriyatna dari The Housing and Urban Development (HUD) Institute menilai kehadiran Jalan Tol Serang-Panimbang yang akan segera dioperasikan dapat mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten.

"Dengan akan diresmikannya Jalan Tol Serang-Panimbang maka akan mendorong percepatan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Lesung, Banten," ujar Yayat saat dihubungi di Jakarta, Senin (30/8).

Menurut dia, kekuatan terbesar adalah aksesibilitas sehingga bisa dikatakan selama ini orang-orang kalau ingin berwisata ke Tanjung Lesung membutuhkan waktu yang lama, mengingat harus melintasi jalan yang cukup panjang dengan kondisi jalan yang kurang optimal.

"Dengan dibangunnya Jalan Tol Serang-Panimbang akan ada dua kawasan yang sangat diuntungkan. Kedua wilayah tersebut yakni Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang," katanya.

Terlebih lagi, lanjut Yayat, Jalan Tol Serang-Panimbang akan dilengkapi gerbang tol keluar ke Rangkasbitung sehingga akan turut mendorong perekonomian dan kesejahteraan di wilayah Rangkasbitung. "Posisi jalan tol ini dapat memberikan potensi bagi percepatan pembangunan kawasan wilayah," ujar pengamat infrastruktur tersebut.

PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) sebagai entitas anak PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. [WIKA] merupakan badan usaha Jalan Tol (BUJT) berdasarkan perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada tanggal 22 Februari 2017 untuk membangun Jalan Tol Serang Panimbang yang melintasi 4 Kabupaten/Kota, yaitu: Kota Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Pembangunan Jalan Tol Serang Panimbang dikerjakan melalui skema kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang terdiri atas tiga seksi, yaitu: Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang - Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan ruas Rangkasbitung - Cileles dan Seksi 3 sepenjang 33 km yang menghubungkan Cileles - Panimbang, Untuk seksi 1 dan 2 menjadi porsi BUJT WSP dan seksi 3 menjadi porsi Pemerintah.

KEYWORD :

Yayat Supriyatna Tol Serang-Panimbang KEK Tanjung Lesung




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :