Jum'at, 26/04/2024 10:03 WIB

Di Forum Dunia, Menteri Kelautan Bicara Soal Islam Moderat?

Susi juga berpesan bahwa setiap negara bangsa harus mampu menjaga komunikasi untuk bekerja sama mengentaskan kemiskinan.

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjastuti yang biasanya bicara soal bom kapal, pencurian ikan, dan masalah kelautan atau perikanan, kali ini dia berbicara soal prinsip Islam moderat di Indonesia. Kata dia, Indonesia sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia perlu dijaga.

"Selain itu, Indonesia juga perlu konsisten dalam menjaga sistem moderasi, karena kalau sampai lengah dapat menyebabkan ekstremisme. Tidak ada yang menginginkan ini terjadi," kata Susi dalam acara Forum Perdamaian Dunia (World Peace Forum/WPF) ke-6 di Jakarta, Kamis.

Dia menilai Indonesia, yang lebih dari 80 persen penduduknya beragama Islam, sampai saat ini telah mampu mengakomodasi perbedaan dengan baik. "Ini adalah tugas kita bersama meyakinkan bahwa tidak ada yang menganggu, mengacaukan, memengaruhi, atau memicu ancaman terhadap perdamaian dan kemoderatan. Ekstremisme tidak boleh tumbuh di negeri ini," ucap dia dilansir Ant.

Susi juga berpesan bahwa setiap bangsa negara harus mampu menjaga komunikasi untuk bekerja sama mengentaskan kemiskinan dan membangun pondasi ekonomi dunia.

Untuk menerapkan hal tersebut dibutuhkan sikap saling menghargai dan tolerasi dari masing-masing negara sehingga tidak ada lagi pemaksaan kehendak dari negara yang merasa kuat kepada yang lemah.

"Kalau saling menghargai dan tolerasi terjadi, negara dapat menyejahterakan keluarga dan menciptakan lingkungan yang mendukung tumbuh kembang generasi muda untuk memahami perbedaan dan belajar toleransi," ujar Susi.

KEYWORD :

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti Forum Perdamaian Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :